6 Negara Paling Pintar di Dunia Berdasarkan Skor PISA, Tetangga Indonesia Ini Juaranya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berdasarkan skor Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2022, terdapat banyak negara terpintar di dunia. Negara manakah yang masuk dalam daftar negara terpintar di dunia?

Demikian dilansir akun Instagram kursus bahasa Inggris @kobieducation. Artikel ini menjelaskan enam negara terpintar di dunia berdasarkan skor PISA 2022 mereka. Mohon konfirmasinya!

6 negara terpintar di dunia menurut skor PISA 20221. Singapura

Negara tetangga, Indonesia, menduduki peringkat pertama negara terpintar di dunia dengan skor PISA 2023 sebesar 559,7. Ada beberapa faktor yang menjadikan Singapura sebagai negara terpintar nomor satu di dunia. Singapura terus membangun sistem pembelajaran yang menuntut secara kognitif dan ketat.

2. Jepang

Di benua Asia, Jepang masih dianggap sebagai negara terpintar kedua di dunia. Jepang mendapat skor PISA 533,0 pada tahun 2022. Jepang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik karena infrastrukturnya dan stafnya yang berpengalaman di bidang pendidikan.

3. Korea

Negara-negara terpintar di Dunia Ketiga masih berada di benua Asia. Yaitu Korea. Skor PISA Korea 2022 adalah 523,3 poin. Siswa SMA Korea yang ingin melanjutkan studi ke universitas terkenal sangat ambisius. Mereka dapat bersekolah selama sembilan jam dan melanjutkan dengan kelas tambahan. Oleh karena itu, siswa dapat belajar di sana hingga 14 jam sehari.

4. Hongkong

Hong Kong juga termasuk dalam negara terpintar di dunia berdasarkan skor PISA Hong Kong tahun 2022 sebesar 520,0. Sistem pendidikan Hong Kong tidak lepas dari keterampilan praktis, keterampilan interpersonal, masalah sosial budaya dan penerapan pengetahuan dalam praktik kerja dunia nyata, yang menjadi prioritas di sekolah.

5. Kanada

Negara terpintar berikutnya adalah Kanada. Kanada tidak hanya fokus pada kemajuan akademis. Skor PISA Kanada tahun 2022 adalah 506,3. Sistem pendidikan Kanada juga berfokus pada pengembangan keterampilan sosial, kreativitas, dan pemikiran kritis.

6. Irlandia

Negara terpintar di dunia berikutnya adalah Irlandia. Skor PISA Irlandia pada tahun 2022 adalah 504,0. Irlandia berhasil mengurangi kesenjangan sosial ekonomi dalam pendidikan, yang berdampak positif pada pemerataan akses pendidikan bagi seluruh warga negara.

Apa itu PISA?

PISA atau Program for International Student Assessment yang disponsori oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) merupakan kajian untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang melibatkan lebih dari 70 negara di dunia, seperti dilansir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. BSKAP.

Menurut situs NCES, PISA merupakan bentuk penilaian internasional yang mengukur tiga aspek keterampilan membaca, matematika, dan sains. Penilaian ini dilakukan terhadap siswa berusia 15 tahun dan dilakukan setiap tiga tahun sekali. PISA pertama kali diadakan pada tahun 2000, dan diikuti oleh sekitar 3 juta siswa dari 90 negara di seluruh dunia.

Tujuan PISA

Dikutip dalam artikel PISA untuk Pelajar Indonesia karya Anni Mavisiul dkk, tujuan umum PISA adalah untuk menilai sejauh mana siswa di negara-negara OECD dan negara mitra telah memperoleh keterampilan yang sesuai dalam hal membaca, matematika, dan sains. Kemampuan ini dapat dijadikan sebagai kontribusi kepada masyarakat.

PISA bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa untuk hidup, kompetensi inti, dan tantangan kehidupan nyata, dibandingkan dengan penilaian lainnya. Dalam hal ini PISA digunakan untuk membandingkan kemampuan dan prestasi siswa sekolah dasar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours