Pj Gubernur Kaltim Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga PPU dan Siapkan Pangan IKN

Estimated read time 3 min read

PPU menjadi kabar gembira bagi masyarakat Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kini mereka mendapat air bersih setelah peresmian sumur dalam dan upacara penjernihan air bersih yang dilakukan Gubernur Kaltim Akmal Malik (11/6/2024).

Pembangunan ini merupakan wujud komitmen Pemprov Kaltim dalam upaya pengentasan kemiskinan, salah satunya adalah peningkatan akses air bersih bagi masyarakat.

Akmal Malik dalam sambutannya mengatakan: “Penyediaan air baku dan air bersih merupakan upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.”

Tahun ini, Pemprov Kaltim membangun sumur dalam di empat desa PPU, yakni Sumber Sari, Rawa Mulya, Rintik, dan Babulu Laut.

Tahun depan, program ini akan dilanjutkan dengan pembangunan sumur dalam di delapan desa PPU lainnya.

Akmal Malik juga mengingatkan agar PUPR Kaltim segera menyiapkan tempat untuk pembangunan sumur air bersih di kabupaten dan kota lain di Kaltim.

“Jangan panggil saya gubernur XPX,” canda mereka.

Akmal juga berharap dengan tersedianya air bersih di Desa Sumber Sari, akan muncul usaha-usaha kecil dan lain-lain.

“Air untuk meningkatkan perekonomian dan memberi nilai tambah,” jelasnya.

Ia juga berpesan agar bantuan lokal ini bisa dibagikan dan dipertahankan.

Kata Akmal: “Jangan sampai dibayar, tapi listriknya tidak boleh diberikan, agar alat-alat di sini tidak rusak dan tidak berguna.”

Usai peresmian Sumur Air Bersih Petani Milenium, Pj Gubernur Akmal Malik meninjau tambak masyarakat di Desa Labangka Kecamatan Babulu.

Di sana ia bertemu dengan Hanif, seorang pemuda kreatif yang menghasilkan empat produk dalam satu area tambak, yaitu ikan bandeng, udang windu, udang windu, dan rumput laut.

Akmal Malik terkesan dengan inisiatif Hanif dan berjanji akan membantu para petani ikan di sana.

Akmal Malik berkata: “Saya menyukainya, makanya saya datang. Kita patut mengapresiasi dan mendukung inisiatif pemuda kreatif seperti ini.”

Sebagai bentuk dukungan, Pemprov Kaltim akan membantu pembangunan jalan umum sepanjang 2 km di wilayah cekungan tersebut.

“Pak Nanda (Kepala Dinas PUPR Kaltim) bantu jalan umum sekitar 2 km. Mungkin lewat bank (bantuan keuangan),” perintah Akmal Malik.

Selain itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim diminta membantu para petani ikan dalam mencari pasar.

Akmal mengatakan: “Departemen Perikanan, tolong bantu kami untuk mencarikan pasar bagi mereka, jangan lagi menjual ke tengkulak.”

Mendukung pengembangan kawasan cekungan ini sangat strategis karena ke depan PPU harus bersiap menjadi pemasok kebutuhan ikan ibu kota negara Indonesia (IKN) bahkan mendukung permintaan ekspor.

Akmal kaget dan berkata, “Saya berharap generasi muda bisa menjadi petani kreatif seperti Hanif.”

Kerjasama dengan mantan Gubernur Pembangunan Kalimantan Timur Akmal Malik terus mendorong kerja sama antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan masyarakat untuk membangun pembangunan Kalimantan Timur.

Pembangunan infrastruktur seperti sumur air bersih dan jalan pertanian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang perekonomian daerah.

Kata Akmal: “Jangan lupa ada APBD, APBD kabupaten, dan APBD desa. Jangan mencuri. Jangan minta semuanya ke daerah. Kita harus kerja sama untuk pembangunannya.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours