Prabowo Bertemu Menlu AS Blinken, Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri AS Antony John Blinken di Amman, Yordania pada Selasa (11/6/2024). Ini merupakan pertemuan kedua setelah Prabowo menjadi negara tanggap darurat di Gaza.

Pak Prabowo mengatakan Indonesia bersedia mengadopsi Resolusi DK PBB 2735 yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden dengan usulan 3 fase gencatan senjata permanen di Gaza. Indonesia juga mengapresiasi upaya mediasi Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar.

Pak Prabowo mengatakan: Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir dan Qatar untuk memastikan negosiasi terus menerus dan mencapai kesepakatan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang stabil di Palestina. Pernyataan resminya, Rabu (12/6/2024).

Pada kesempatan yang sama, Pak Prabowo kembali berbicara tentang pentingnya dukungan internasional yang diperlukan bagi negara Palestina. Hal ini dalam rangka penerimaan negara dan pembangunan bangsa, termasuk penguatan pemerintahan, pemberian bantuan pemulihan dan menuju keanggotaan PBB.

Blinken dalam pertemuan bilateral dengan Pak Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah mendukung tawaran penghentian penembakan. Beliau menyampaikan kepada Pak Prabowo, “Terima kasih kepada Menteri Pertahanan Indonesia yang telah mendukung usulan Dukungan untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan sandera.

Di penghujung pertemuan, Pak Blinken kembali mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo atas perolehan kursi Presiden RI periode 2024-2029. Ia menegaskan kembali komitmen Amerika untuk melaksanakan kemitraan strategis komprehensif.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours