Bagaimana Nasib Nova Arianto usai Bawa Timnas Indonesia U-16 Juara 3 Piala AFF 2024?

Estimated read time 2 min read

SOLO – Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto bercerita tentang peruntungannya sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia usai mengantarkan Garuda Muda meraih juara 3 Piala AFF.

Nova Arianto mengatakan akan ada pembahasan lebih lanjut setelah sang pelatih kembali ke Indonesia. Pasalnya Nova kini dipercaya PSSI untuk melatih timnas U-16 Indonesia. Juru taktik berusia 44 tahun itu pun menunjukkan kebolehannya setelah kurang lebih 4,5 tahun menjadi asisten Shin Tae Yong.

Rupanya Nova baru berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 meraih juara ketiga Piala AFF U-16 2024, fakta tersebut didapat setelah tim Garuda Muda mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 5-0. di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

Dengan usainya Piala AFF U-16, yang jadi pertanyaan apakah Nova akan mengalihkan perhatiannya ke Skuad Garuda Muda atau tetap bersama Shin Tae-yong di timnas senior. Apalagi kontrak Shin Tae-yong telah diperpanjang hingga 2027.

Menanggapi hal tersebut, Nova menyatakan saat ini pihaknya akan terus mencermati situasi ke depan. Pasalnya, Timnas U-16 Indonesia akan berlaga di Babak Kualifikasi Piala Asia 2025, yang mana program tersebut akan berhadapan dengan Timnas Indonesia yang juga akan mengikuti Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

“Dengan Coach Shin sendiri, saya masih mengkaji situasinya karena banyak momen yang saling bertentangan,” kata Nova dalam jumpa pers pascalaga, Rabu (3/7/2024).

Oleh karena itu, Nova belum bisa memberikan jawaban yang baku. Mantan pemain Persib Bandung itu hanya mengatakan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut setelah kembalinya Shin Tae-yong ke Indonesia.

“Tetapi kami akan tetap berbicara dengan Pak Eric dan bertemu dengan Pelatih Shin nanti, setelah Pelatih Shin kembali, kami akan membahas kedepannya seperti apa,” jelas Nova.

Ya, jadwal Timnas U-16 Indonesia dan Timnas Senior Indonesia tidak cocok. Pasalnya, Babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 dan Babak Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 rencananya akan digelar pada Oktober 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours