Ini pemenang Lomba Fotografi Color of Jakarta 2024

Estimated read time 3 min read

Jakarta dlbrw.com – Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta mengungkap sebanyak 4.539 karya foto dari 979 peserta mengikuti lomba foto Color of Jakarta (CoJ) 2024.

Peningkatan jumlah peserta sebesar 30 persen menunjukkan antusiasme yang besar dalam menghadirkan Jakarta melalui ruang digital, kata Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu, saat memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Foto CoJ 2024.

Menurutnya, lomba foto ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Kota Jakarta ke-497.

Selain itu, CoJ merupakan program yang dinanti-nantikan warga Jakarta, untuk mengabadikan kehidupan kota Jakarta dalam bentuk gambar.

Terlihat antusias warga untuk mengikuti kompetisi ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu, yang berarti terkumpul 4.539 foto dari 979 peserta. Jumlah tersebut meningkat 30 persen dibandingkan CoJ 2023 yang menerima 3.115 karya fotografi dari 640 peserta.

“Hal ini memberi kita harapan untuk melihat Jakarta sebagai kota dunia yang mampu menarik jutaan orang,” ujarnya.

Sigit Widjatmoko, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DKI Jakarta, mengatakan tema lomba foto CoJ 2024 merupakan perpanjangan dari tema HUT Kota Jakarta ke-497, yaitu “Jakarta, kota dunia dengan jutaan penduduk. orang.

Tema ini dituangkan dalam 4.539 foto dari 979 peserta. Jumlah tersebut meliputi kategori “Man in Jakarta” sebanyak 1.370 foto, kategori “Public Space dan Landscape” sebanyak 1.076 foto, kategori “Drone” sebanyak 408 foto, dan kategori “Photo Series” sebanyak 1.685 foto.

Seluruh foto yang dikirimkan dinilai oleh panel juri profesional, yaitu Darvis Tridi (fotografer komersial), Urben Rambe (fotografer di Indonesia) dan Barry Kusuma (fotografer perjalanan dan videografer).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para juri, komunitas fotografi, media dan pihak-pihak yang telah mendukung Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan lomba fotografi ‘Warna Jakarta’ sejak tahun 2010,” ujarnya.

Pemenang kompetisi diberikan piala dan uang. Juara kedua mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta, juara kedua Rp10 juta, dan Rp8 juta.

Sigit mengatakan, hal ini untuk berterima kasih dan memberi semangat kepada para peraih penghargaan agar tahun depan kompetisi fotografi CoJ bisa menciptakan kegiatan berbeda dan menjelajah seluruh sisi kota Jakarta.

Adapun daftar pemenang “Color of Jakarta 2024” adalah sebagai berikut:

Bagian Orang di Jakarta:

Juara 1 Andhika Prasetia (Menyambut Bhikkhu Thudong), Juara 2 Arif Harmawan P (Merawat Stasiun LRT Jabodebek) dan Juara 3 Ahmed Tri Hawari (Berbagi Buka Puasa di Vihar Dharma)

Untuk kelas sosial dan kelas geografi Jakarta:

Juara 1 Yogi Rahma Sukri (Lomba Sore), Juara 2 Andre Hidayat (Lautan Manusia) dan Juara 3 Badai Thaudi (Wisata Dufan)

Kategori Ruang Publik dan Lanskap (Drone) Jakarta:

Juara 1 Nofianto (suasana pagi indahnya kota Jakarta), juara 2 Iqbal Fahma Warastomo (bermain wahana air di Jakarta Utara) dan juara 3 Vincent Nursaleem (peternakan ikan di Pantai Maju)

Kategori seri gambar:

Juara I diraih Emmanuel (siluet area perpustakaan Jakarta), juara II Adhi Wiksono (pengolah limbah silwang menjadi pupuk), dan juara III Harman Subekti (nelayan kerang biru).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours