Scholz yakinkan parlemen Jerman tak akan terlibat dalam perang Ukraina

Estimated read time 2 min read

Berlin (Antara) – Kanselir Jerman Olaf Scholz, pada Rabu (3/7), memberikan jaminan kepada anggota parlemen bahwa Jerman tidak akan terlibat dalam konflik di Ukraina.

“Ya, saya memberikan jaminan ini. Saya akan berjuang sebagai rektor,” kata Scholz saat sesi tanya jawab di parlemen.

Ia membela pengiriman senjata Jerman ke Ukraina, namun juga mengindikasikan bahwa Jerman mempertahankan kebijakan terukur untuk menghindari konflik langsung antara NATO dan Rusia.

Menanggapi kritik terhadap pemerintah koalisinya karena tidak mengambil inisiatif perdamaian yang serius, Scholz menyalahkan Rusia dan mengatakan Kremlin tidak tertarik pada solusi diplomatik.

“Saya pikir menghentikan penyerahan ke Ukraina adalah sesuatu yang tidak didukung oleh Jerman,” kata Scholz.

“Ini bukanlah isu abstrak, seperti yang dijelaskan dalam proposal perdamaian aneh yang diajukan Putin,” katanya, mengacu pada tawaran presiden Rusia untuk mengakhiri perang terbaru.

“Tuan Putin telah mengatakan bahwa dia siap untuk mengakhiri perang jika Ukraina menerima aneksasi lebih lanjut atas wilayahnya oleh Rusia. Ini menunjukkan betapa putus asanya gagasan ini dan betapa tidak inginnya presiden Rusia untuk mengakhiri perang agresinya,” tambahnya.

Putin mengumumkan bulan lalu bahwa ia akan membawa “solusi akhir” terhadap perang di Ukraina, yang dimulai pada Februari 2022.

Putin mengatakan Rusia akan “segera” mengakhiri permusuhan jika Ukraina membatalkan upayanya untuk bergabung dengan NATO dan menarik pasukannya dari empat wilayah yang diklaim Rusia: Donetsk, Luhansk, Kurzon dan Zaporizhia.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours