Hari Raya Iduladha, Wapres Ma’ruf Amin Minta Masyarakat Teladani Sifat Nabi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin berharap serbuan Idul Adha 1445 Hijriah tidak hanya dilihat sebagai ritual ibadah saja. Umat ​​Islam juga harus meneladani sifat-sifat para nabi dan rasul yaitu sidik jari, tabligh, fathonah dan amanah.

“Perayaan Idul Adha hendaknya tidak hanya dilihat sebagai ritual ibadah, tetapi juga sebagai momen refleksi terhadap ajaran dan keteladanan para nabi dan rasul, seperti pengorbanan dan keikhlasan, serta ketaatan kepada nabi. Ibrahim dan Nabi Ismail alaihimasalam kepada Allah SWT,” kata Wapres dalam acara tersebut. video pada acara Gema Nasional Takbir Akbar dan sholawat Idul Adha 1554 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (16/6/2024).

Daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat miskin merupakan salah satu bentuk ibadah sosial. Oleh karena itu, Wapres mengimbau umat Islam untuk berkorban sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama.

“Hikmah Idul Adha juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kesadaran sosial dan pengorbanan bagi kemanusiaan dengan cara saling membantu dan melindungi di tengah berbagai situasi sosial dan kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia,” lanjutnya.

Wapres mengatakan, momen Idul Adha dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan dan membantu sesama, tidak hanya karena alasan agama atau kebangsaan, tetapi juga karena alasan kemanusiaan. Jika hal ini terlaksana maka umat manusia dapat hidup berdampingan secara damai dan sejahtera.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam semangat Idul Adha untuk membangkitkan semangat kurban dengan selalu bekerja sama dan saling membantu serta terus mengedepankan kepentingan bersama dan saling mendukung dalam memperkuat setiap keadaan,” ujarnya. .

Melihat tantangan bangsa yang semakin kompleks, ia pun mengimbau umat Islam untuk selalu mencari petunjuk kepada Allah SWT.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours