3 Cara Memperbaiki HP Hidup Tapi Layar Mati, Berlaku untuk Android

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ada banyak cara memperbaiki HP tapi layar mati di sistem operasi Android. Masalah yang disebut juga layar hitam ini membuat pengguna tidak dapat mengoperasikan perangkatnya.

Dalam kondisi layar hitam atau hp hidup namun layar mati maka hp hanya akan menampilkan layar hitam saja tanpa bisa dioperasikan. Jika ingin mengoperasikan ponsel, pengguna harus melakukan beberapa hal seperti mencolokkan kabel pengisi daya atau meminta ponsel lain untuk melakukan panggilan.

Jika layar hitam ini terus berlanjut, pasti pengguna akan kesulitan dalam mengatur perangkatnya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara memperbaiki hp hidup tapi layar mati.

3 cara mengatasi hp hidup tapi layar mati 1. Restart Cara memperbaiki hp tapi layar mati yang pertama paling mudah yaitu dengan mematikan paksa atau restart hp. Caranya adalah dengan menekan tombol power hingga ponsel bergetar.

Tunggu beberapa menit lalu tekan kembali tombol daya untuk menyalakannya. Biasanya jika masalahnya tidak terlalu parah, cara ini akan berhasil.

2. Menggunakan Safe Mode Berikut ini beberapa langkah mengatasi hp mati namun mesin tetap berfungsi menggunakan safe mode. Langkah ini bisa dilakukan jika masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

– Matikan terlebih dahulu ponsel dengan menekan tombol power

– Hidupkan ponsel dengan menekan kembali tombol power

– Saat muncul logo HP, tekan tombol Power dengan Volume Turun

– Nantinya akan muncul permintaan untuk masuk ke safe mode

– Jika iya, hapus aplikasi bermasalah yang baru saja diinstal atau diperbarui

– Selanjutnya restart ponsel

3. Reset HP Cara yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Namun sebelum melakukan hal tersebut, sebaiknya Anda mentransfer terlebih dahulu semua data yang ada di ponsel, karena jika Anda melakukannya maka semua data yang ada di ponsel akan terhapus.

– Matikan terlebih dahulu ponsel dengan menekan tombol power

– Nyalakan ponsel dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan

– Jika muncul logo HP, lepas tombol power namun tetap besarkan volumenya

– Pilih “Wipe Data/Reset Pabrik”.

– Pilih “Ya”.

– Tunggu hingga proses reset hp selesai

– Jika sudah, hidupkan kembali ponselnya

Itulah tiga cara mengatasi HP tapi layar mati di sistem operasi Android. Jika cara-cara di atas sudah Anda coba namun tidak berhasil, sebaiknya bawa ponsel Anda ke service center terdekat untuk ditangani oleh ahlinya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours