Indonesia juara umum ASEAN University Games 2024

Estimated read time 2 min read

Malang (Antara): Atlet Indonesia berhasil menjadi juara bersama pada ASEAN University Games ke-21 (Agustus 2024) dengan mengoleksi 126 medali emas, 97 perak, dan 71 perunggu.

Ketua Tim Mahasiswa Indonesia Del Asri di sela-sela penutupan Agustus 2024 di Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu (6/7) mengucapkan terima kasih kepada para atlet Indonesia yang tidak hanya mengejar target juara umum sejarah dengan mencetak rekor-rekor baru.

Alhamdulillah. Saya sebagai ketua jurusan berterima kasih atas jerih payah para pemain, pelatih dan seluruh pihak, Departemen Umum Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Nasional. Pusat Prestasi (Puspresnas) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Asrey. Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengapresiasi prestasi mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih prestasi membanggakan pada 21st ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang. Selain itu, ia mengatakan hasil terpenting selain perolehan medali pada kompetisi olahraga pelajar antar universitas di Asia Tenggara adalah kerjasama antar negara yang dapat berjalan dengan baik.

“Kabar baiknya kita laporkan ke seluruh Indonesia dan dunia bahwa Agustus 2024 berjalan baik, medali sudah diraih, tapi selain itu kita bisa bekerjasama dengan atlet dan akademisi dari negara lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Olahraga Universitas ASEAN (AUSC) Profesor Mohd Ruslim Mohammed menyatakan, hajatan Agustus 2024 di Indonesia bisa dijadikan tolok ukur negara tuan rumah dalam dua tahun.

“Kata pertama yang ingin saya sampaikan itu tidak biasa, biasanya kalau mendirikan perguruan tinggi, AUG itu wadah pertemuan semua cabang olahraga, tapi di Indonesia bisa mencakup sembilan perguruan tinggi di dua kota,” ujarnya. Tak hanya itu, kata dia, dalam multievent yang diadakan dua tahun sekali, biasanya tidak semua 11 negara ikut serta dalam semua cabang olahraga yang diikuti, namun di ajang ini semua orang ikut serta. “AUG kali ini mencatatkan sejarah masing-masing cabang olahraga yang diikuti oleh delegasi dari 11 negara. Dulunya hanya segelintir delegasi yang mengikuti setiap cabang olahraga, namun kini sudah banyak yang terlibat. Baik atlet, pelatih maupun ofisial.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours