10 Jurusan Kuliah D4 UGM Terketat di SNBT 2024, Lulusannya Diburu Perusahaan Besar

Estimated read time 4 min read

YOGYAKARTA – Menarik melihat daftar perkuliahan berat D4 UGM untuk SNBT 2024. Apalagi menjanjikan prospek kerja di perusahaan-perusahaan besar dan ternama.

Baca Juga: 9 Jurusan IPS Tanpa Minat Tapi Karirnya Tinggi dan Menjanjikan

Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menerima 2.830 mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berbasis Seleksi (SNBT) 2024 yang diumumkan pada 13 Mei 2024.

Baca Juga: Program Ilmu Sosial dan Humaniora,​​​​Inilah 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Menurut Asian University Rankings 2024

Calon Gadjah Mada Muda ini sedang menempuh studi di 93 program studi di UGM. Mereka terbagi menjadi 71 program Sarjana (S1) dan 22 program Sarjana Terapan (D4).

Dikutip dari laman UGM dan Sekolah Vokasi UGM, berikut 10 jurusan D4 UGM terberat yang memiliki prospek karir.

Baca Juga: 5 Universitas Dengan Program Akuntansi Terbaik di Indonesia, Dengan Prospek Lulusan Menjanjikan

10 Besar Jurusan D4 UGM SNBT 2024 dan Prospek Kariernya

Santo

1. Pengelolaan Informasi Kesehatan (0,95 persen)

Jurusan yang mempersiapkan lulusan untuk praktik terapan di bidang rekam medis dan informasi kesehatan ini memiliki prospek karir.

Lulusan dapat bekerja sebagai dokter spesialis di rumah sakit swasta dan pemerintah, puskesmas dan klinik.

Baca Juga: Penyampaian perkuliahan berbasis praktik menjadi prospek karir di program ilmu komunikasi Atma Jaya

Kemudian Anda bisa bekerja di BPJS Kesehatan dan lembaga asuransi kesehatan swasta. Anda juga bisa bekerja di perusahaan IT yang bergerak di bidang kesehatan, seperti PT Sisfomedia, Sahabat Mediacom, dll.

2. Teknologi pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil (1,27 persen)

Manajemen infrastruktur sipil dan teknik pemeliharaan juga memiliki pekerjaan yang menarik. Anda bisa bekerja di departemen pemerintahan seperti Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Kota.

Kemudian Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan publik seperti Wika, Brantas Abipraya, Hutama Karya, Angkasa Pura, Barata Indonesia, PLN, Jasa Marga dan lain-lain.

Baca juga: Tidak Akan Menyesal Memilih Program Studi 10 Jurusan Teknik Yang Lulusan Gaji Tinggi Ini

Kami dapat bekerja sama dengan perusahaan swasta nasional maupun internasional seperti Jaya Konstruksi, Jaya Obayashi, MRT, Sampoerna Kayoe, Citra Marga Nusaphala Persada, Nusantara Infrastruktur, Pioneer Beton, dll.

Pengadaan dan konstruksi teknik.

3. Rekayasa perangkat lunak (1,34 persen)

Startup berbasis teknologi seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya sedang mencari lulusan teknologi software.

Kalau mau kerja di pelayanan publik juga bisa, misalnya di Kominfo atau Kementerian Keuangan, juga di perusahaan publik seperti Pertamina, PLN, dan Telkom.

Berbagai perusahaan swasta, instansi dan organisasi juga menunggu lulusan teknologi rekayasa perangkat lunak.

4. Teknologi Teknik Mesin (1,94 persen)

Lulusan teknologi teknik mesin dapat bekerja di perusahaan-perusahaan milik negara seperti PLN, Indonesia Power, Pertamina, Inka, PT PAL, GMF, Krakatau Steel, PT KPC dan perusahaan-perusahaan milik negara lainnya.

Hal ini juga diperlukan bagi perusahaan swasta nasional dan internasional seperti Astra, Schlumberger, Total, UT, Komatsu dan lain-lain. Atau Anda bisa menjadi konsultan desain dan produksi.

5. Pengelolaan Hutan (1,95 persen)

Diperoleh dari sv.ugm.co.id, salah satu peluang kerja bagi jurusan Manajemen Hutan UGM adalah bekerja di departemen pemerintah seperti Kementerian Lingkungan Hidup, kantor wilayah departemen LHK, dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhutan.

Hal ini dapat diterapkan pada perusahaan publik, perusahaan swasta, dan perusahaan kecil dan menengah yang bergerak di bidang kehutanan.

Soshum

1. Rekening Publik (0,83 persen)

Lulusan keuangan publik dapat bekerja di pemerintah pusat (menteri, lembaga), pemerintah daerah (provinsi, kabupaten/kota, BLUD dan BUMD).

Anda juga bisa bekerja di kantor BPK dan BPKP, kantor akuntansi dan kantor penasihat publik. Dimungkinkan juga untuk berpartisipasi dalam organisasi nirlaba (lokal/nasional/internasional), termasuk lembaga swadaya masyarakat, rumah sakit, universitas dan lain-lain.

2. Bahasa Inggris (0,91 persen)

Lulusan Bahasa Inggris UGM termasuk dalam perusahaan terbaik yang memiliki peluang kerja yang baik karena dapat dipekerjakan oleh perusahaan swasta nasional dan internasional serta konsultan dan lembaga hubungan masyarakat.

Peluang kerja mulai dari lembaga internasional, lembaga dan kementerian pemerintah, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD hingga LSM nasional dan internasional.

3. Pengelolaan arsip dan arsip (1,19 persen)

Selain berkesempatan bekerja di lembaga kearsipan ANRI, lembaga kearsipan daerah, dan perguruan tinggi di Indonesia, Anda juga bisa bekerja di lembaga swasta.

Namun bisa juga bekerja di lembaga pemerintah lain seperti kementerian, sekretariat negara, MPR, dan DPR).

Anda juga bisa menjadi PNS di daerah tersebut. Jika Anda ingin bergabung dengan BUMN, Anda bisa melakukan hal seperti PT. KAI, Antara, PLN dan lain-lain. Peluang lain juga terbuka dengan berbagai bank dan perusahaan swasta.

4. Bahasa Jepang untuk komunikasi bisnis dan profesional (1,33 persen)

Jurusan ini memiliki kemampuan menggunakan bahasa Jepang untuk berkomunikasi di lingkungan bisnis dan perkantoran. Entah itu percakapan lisan atau percakapan dan penerjemah.

Lulusan yang memiliki keahlian di bidang humas dapat bekerja di berbagai perusahaan swasta internasional, lembaga internasional, instansi pemerintah, pemerintah bahkan menjadi penerjemah.

5. Bank (1,40 persen)

Hal inilah yang dibutuhkan oleh dunia perbankan. Baik bank konvensional, bank syariah, lembaga keuangan non bank seperti lembaga keuangan, lembaga keuangan, private equity dan modal ventura. Anda juga bisa bergabung dengan Bursa Efek Indonesia dan badan regulator seperti OJK, Bank Indonesia dan BKPM.

Inilah 10 jurusan D4 UGM terberat pada jalur SNBT 2024 dan prospek kerjanya cukup menjanjikan. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours