Singapura Prediksi Hujan Deras dan Badai Akan Terjadi di Asia hingga Agustus

Estimated read time 2 min read

SINGAPURA – Musim hujan tahunan di Asia Timur dan Tenggara kini sedang berlangsung dan akan berlanjut hingga bulan Agustus, membawa serta risiko banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

Baca juga – Hujan Deras, Banjir di Jaksel

Departemen Meteorologi Singapura menyatakan dalam peringatan cuaca dua mingguannya, “Badai di Sumatera kemungkinan besar akan membawa angin kencang dan hujan lebat pada pagi hari,” SCMP, Minggu (7/7/2024).

Pada bulan Mei, musim hujan dimulai di Tiongkok bagian timur, Taiwan, dan Prefektur Okinawa Jepang. Pengaruhnya secara bertahap menyebar ke utara dan timur, meliputi seluruh wilayah, termasuk Indonesia, dari pertengahan Juni hingga setidaknya Agustus.

Hujan deras, banjir dan tanah longsor dapat mengganggu layanan bisnis, transportasi dan utilitas di Asia Timur. Banjir bandang dan tanah longsor bisa sangat berbahaya di daerah perbukitan dan pegunungan. Sistem tropis seperti siklon dapat memperburuk situasi

Banjir lebih mungkin terjadi di daerah dataran rendah dekat aliran air di dataran banjir yang diketahui. Sungai-sungai seperti Yangtze, Kuning, dan Mutiara di Tiongkok, Sungai Han dan Nakdong di Korea Selatan, serta Sungai Ton dan Kitakami di Jepang mempunyai risiko tinggi terkena banjir. Tanah longsor dapat terjadi di daerah pegunungan.

Banjir dan tanah longsor dapat melumpuhkan jalan, jembatan dan jalur kereta api sehingga mengganggu perjalanan darat. Banjir dapat mengganggu bisnis lokal. Irigasi meningkatkan risiko penyakit dan hama yang ditularkan melalui air.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours