Minggu 7 Juli, hari terakhir pertandingan di babak reguler IBL 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Musim reguler Liga Utama Bola Basket Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL) 2024, berakhir pada pekan ke-19, Minggu (7/7).

Laman IBL yang diawasi Antara di Jakarta, Sabtu, mencatat bahwa tanggal tersebut merupakan hari terakhir bagi hampir semua klub untuk menyelesaikan sisa pertandingan.

Untuk tahap selanjutnya, sebanyak delapan tim dari total 14 peserta IBL juga telah berhasil memperebutkan gelar juara di babak final liga pada tahap playoff yang akan digelar pada 20 Juli mendatang.

Kedelapan tim tersebut adalah Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, Kesatria Bengawan Solo, Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, RANS Simba Bogor, Bali United Basketball, dan Borneo Hornbills.

Kendati demikian, seluruh tim terus mengupayakan posisi terbaik di klasemen akhir. Baca juga: Regular Season Minggu Terakhir, Semua Tim Masih Berebut Posisi. Total ada tujuh pertandingan yang akan digelar pada Sabtu dan Minggu (7 Juli).

Setelah musim reguler berakhir, IBL akan mengumumkan sejumlah penghargaan untuk musim tersebut.

Penghargaan meliputi: MVP Liga IBL, MVP Lokal IBL, Rookie IBL IBL, Pemain Bertahan IBL IBL, Pemain Peningkatan IBL, dan Pemain Keenam Tahun Ini IBL.

Selain itu, manajemen IBL juga memberikan penghargaan individu kepada para pelatih dan wasit dengan nama “Coach of the Year” dan “Referee of the Year”.

Pengumumannya akan dilakukan pada 11 Juli atau bersamaan dengan hari pertama babak playoff IBL. Baca Juga: Penghargaan Perorangan IBL, Dari MVP Hingga Wasit Sebelum pengumuman, penyelenggara akan menghitung jumlah calon dan memulai pemungutan suara terbuka mulai 9 Juli.

Voting dilakukan oleh individu dan kelompok yang mempunyai pengalaman, keahlian dan pengetahuan serta pernah mengikuti pertandingan IBL 2024. Mekanisme pemungutan suara berbeda untuk pemain, pelatih, dan wasit.

Pemungutan suara para pemain dilakukan oleh pelatih kepala dan media. Kategori Coaches Awards kini dijalankan oleh media.

Peserta voting IBL Individual Awards 2024 meliputi 14 pelatih kepala dari seluruh tim peserta liga dan 10 perwakilan media atau analis bola basket.

Tahapan proses ini akan dimulai pada tanggal 9 Juli 2024, yaitu pembagian peringkat nominasi kepada masyarakat dan pemilih serta pengumuman calon atau nominasi masing-masing kategori penghargaan individu.

Setiap pemilih diberi waktu satu hari untuk menentukan pilihannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours