Tak Hanya Selamatkan Nyawa Orang Lain, Donor Darah Tingkatkan Kesehatan

Estimated read time 3 min read

Selain dapat menyelamatkan nyawa orang lain, pendonor juga dapat meningkatkan kesehatan diri sendiri. Secara fisik, mendonor darah dapat menurunkan penyakit jantung, menurunkan kekentalan darah dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta dapat menurunkan kadar penyakit dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

Mendonorkan darah juga merupakan ide bagus. Hal ini dapat mengurangi stres, emosi negatif, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan mengurangi perasaan terisolasi.

Dalam konteks ini, Rumahberkat.com memulai aksi donor darah besar-besaran di Mall Taman Anggrek dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia (16/07). Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Juni 2024, di Mall Taman Anggrek Lantai 2 Northwing.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari berbagai kalangan, seperti Blood4life JKT, RS Kanker Dharmais, Mall Taman Anggrek, Amertha Warung Coffee, Ultra Voucher, dan Kipas-Kipas.

Tujuan dari inisiatif “Satu Tetes Darah, Sejuta Nyawa” ini adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya mendonor darah membantu orang-orang yang membutuhkan darah dan itu adalah hal terpenting bagi pendonor.

Melalui tindakan mendonor darah ini sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit kanker, stroke, dan serangan jantung.

Selain itu pihak penyelenggara juga banyak memberikan hadiah dari berbagai kelompok dalam acara ini dan juga menyiapkan berbagai produk dan fasilitas dari kelompok koperasi seperti Blood 4 Life JKT, Rumahberkat.com dan masih banyak lagi

Tak ketinggalan, Ultravoucher juga menyediakan 100 voucher belanja senilai Rp 50.000 untuk donor darah. Amertha Warung Coffee juga menyiapkan makanan tradisional untuk 150 orang.

Ternyata, sejak pagi, para pendonor darah terlihat kurang puas. Sejak pukul 10.00 WIB, tim donasi mulai berdatangan ke tempat tujuan, menunjukkan antusiasme yang besar untuk mengikuti kegiatan amal ini. Salah satu pendamping, Rina (30), mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengikuti acara ini.

“Saya merasa senang bisa membantu orang lain dengan mendonor darahnya, semoga darah yang saya sumbangkan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Donor darah ini bukan sekedar profesi medis, namun merupakan wujud nyata kepedulian sosial. Donatur datang dengan niat tulus untuk membantu sesama.

Donatur lainnya adalah Andi (27) yang menceritakan pengalamannya mengikuti proyek donor darah ini. “Acara donor darah ini merupakan acara terbesar dan terbaik yang pernah saya hadiri. Saya sangat terkesan dengan pengorganisasian dan keramahan yang diberikan oleh tim Rumahberkat.com. Mereka benar-benar menjadikan proses mendonor darah menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi saya”, ujarnya.

Banyak dari mereka yang rutin mendonorkan darahnya dan menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari kesehatannya. Mereka memahami bahwa mendonor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima darahnya saja, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor itu sendiri.

Pentingnya Donor Darah memegang peranan penting dalam dunia medis. Dengan mendonorkan darah, kita tidak hanya menyelamatkan nyawa orang lain, tapi juga meningkatkan kesehatan kita. Rumahberkat.com sebagai sebuah organisasi berharap acara ini dapat menjadi kekuatan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan donor darah.

“Rumahberkat.com akan terus berusaha membantu lebih banyak orang di masa depan. Kami berencana melakukan hal-hal lain yang dapat membantu lebih banyak orang,” kata salah satu panitia kegiatan Rumahberkat.com, Elizabeth.

“Kunjungi website kami dan ajukan lamaran di rumahberkat.com, dimana kami menyediakan platform bagi mereka yang membutuhkan dan membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Tenang saja, peserta yang tidak sempat mendonor darahnya akan diundang pada donasi berikutnya. Dengan meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat, kebutuhan darah di rumah sakit dapat terpenuhi dan lebih banyak nyawa dapat diselamatkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours