Gol bunuh diri Vertonghen antar Prancis ke perempat final

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Prancis lolos ke perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 pada babak 16 besar di Esprit Arena alias Düsseldorf Arena, Senin malam (WIB).

Gol yang membawa Prancis ke perempat final adalah gol bunuh diri bek tengah Belgia Jan Vertonghen.

Di babak perempat final, Prancis akan menghadapi pemenang pertandingan antara Portugal dan Slovenia pada Selasa dini hari WIB.

Prancis langsung menyerang dan menciptakan peluang melalui tembakan Adrien Rabiot dua menit pertandingan berjalan, namun meleset di sisi kiri gawang Belgia.

Pada menit ke-10 babak pertama, Antoine Griezmann melepaskan tembakan jarak menengah, namun dengan mudah diblok oleh kiper Belgia Quinn Casteels.

Setelah Prancis menyerang dari sisi kiri, Kylian Mbappe menemukan ruang di dalam kotak penalti, namun sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Belgia baru mendapat peluang pada menit ke-27 babak pertama, namun tembakan Yannick Carrasco bisa diblok Theo Hernandez di dalam kotak penalti.

Thuram mendapat peluang emas pada menit ke-34. Umpan silang Jules Kounde diterima dari sisi kanan, namun sundulannya meleset dari sisi kanan gawang Castells.

Memasuki babak kedua, Prancis langsung berusaha memberikan tekanan. Pada menit ke-53, Mbappe melakukan pergerakan pribadi, namun sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Belgia.

Belgia mengambil keuntungan pada menit ke-60 babak pertama ketika Yannick Carrasco menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti Prancis.

Namun, Theo Hernandez melakukan tekel menakjubkan saat Carrasco mencoba melepaskan tembakan.

Pada menit ke-70 babak kedua, Belgia kembali mengancam gawang Prancis melalui tembakan keras Romelu Lukaku. Namun kiper Mike Maignan masih memblok bola.

Pada menit ke-83 babak pertama, Belgia mengancam gawang Prancis melalui tembakan keras Bruyne dari dalam kotak penalti, namun kiper Prancis membloknya.

Pada menit ke-84 babak pertama, Prancis memecah keunggulan. Tendangan Ramdahl Kolo Mwani membentur kaki Jan Vertonghen dan masuk ke gawangnya sendiri.

Prancis mengalahkan Belgia 1-0 dan lolos ke perempat final.

Berbaris

Prancis (4-3-3): Mike Maignan, Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Lintassa, Theo Hernandez, N’Golo Kante, Aurélien Chouamini, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann, Marcus Thuram (Kolo Mwani 62), Kylian Mbappé.

Belgia (4-4-2): Koen Casteels, Arthur Tate, Jan Vertonghen, Wout Baez, Timothy Castagne (Charles de Ketelier 89), Yannick Carrasco (Dudi Lukebaccio 89), Amadou Onana, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku. Romelu Lukaku, Reus Obinda (Uriel Mangala (63′)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours