Ketangguhan Ekonomi Rusia Diakui Bank Dunia, Proyeksi Pertumbuhan Dikerek Naik

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Bank Dunia merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi Rusia pada tahun 2024 dan 2025. Dalam versi revisi yang dirilis kemarin, Selasa waktu setempat, prakiraan ekonomi Rusia tampak direvisi naik.

Menurut World Economic Outlook 2024, PDB Rusia diperkirakan akan tumbuh sebesar 2,9% pada tahun ini dan 1,4% pada tahun 2025. Angka-angka ini membaik dari proyeksi sebelumnya masing-masing sebesar 2,2% dan 1,1%.

Bank Dunia menambahkan bahwa perekonomian Rusia akan melampaui ekspektasi pada tahun 2023, dengan pertumbuhan yang meningkat menjadi 3,6% pada tahun lalu. Hasil ini merupakan peningkatan yang signifikan dari perkiraan bulan Januari sebesar 2,6% dan perkiraan bulan Oktober sebesar 1,6%.

“Peningkatan ini terutama mencerminkan permintaan swasta yang lebih kuat dari perkiraan, didukung oleh subsidi hipotek, langkah-langkah fiskal, dan pasar tenaga kerja yang ketat,” kata badan tersebut.

Bank Dunia juga mencatat bahwa aktivitas juga meningkat karena peningkatan belanja militer. Baca juga: Seiring berjalannya de-dolarisasi, bisnis Rusia bergantung pada bank-bank kecil Tiongkok

Lebih lanjut, “walaupun diperkirakan terjadi pertumbuhan yang kuat pada akhir tahun 2023, aktivitas diperkirakan akan meningkat pada tahun 2024, dengan perkiraan pengetatan kebijakan makroprudensial dan berkurangnya pasokan hipotek bersubsidi yang akan menekan permintaan sektor swasta. “Hal ini akan terjadi.”

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa hubungan perdagangan antara Rusia dan Tiongkok tumbuh positif, dengan perdagangan antara kedua negara terutama dilakukan dalam yuan Tiongkok, seiring dengan melanjutkan “porosnya” ke arah Timur.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, pertumbuhan ekonomi negaranya lebih cepat dibandingkan rata-rata dunia. Dalam pidatonya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg. Presiden Putin mengatakan di St. Petersburg (SPIEF) pekan lalu bahwa PDB Rusia meningkat sebesar 3,6% tahun lalu, pulih dari 1,2%.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pada bulan April bahwa perekonomian Rusia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan semua negara maju pada tahun 2024. 2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%), Perancis (0,7%).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2024 akan sama dengan tahun lalu, sedangkan Bank Rusia memperkirakannya sekitar 2,5-3,5%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours