Telkom sebut Kota Batam jadi hub data center berbasis AI

Estimated read time 2 min read

Batam (ANTARA) – PT Telkom Indonesia (Persero) menyatakan Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan menjadi hub data center berbasis kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan.

Direktur Pengembangan Bisnis Telkom Group Honesty Basir di Batam, Kamis, mengatakan tujuan pembangunan data center tersebut adalah untuk mendukung pemanfaatan AI secara optimal guna memenuhi kebutuhan pasar data center yang terus berkembang.

Selain itu, ia menawarkan solusi ramah lingkungan, menghasilkan talenta, dan memastikan pasokan sumber daya alam yang aman untuk pengoperasian pusat data.

“Dengan diperkenalkannya AI, ada dua hal yang akan membedakan Batam, terutama dalam hal listrik dan kemudian air. Karena AI adalah masalah pendinginan, teknologi adalah masalah besar, dan AI membutuhkan banyak energi,” kata Honesty. .

Direktur Wholesale dan Layanan Internasional Telkom Bogi Witjaksono mengatakan, pihaknya terbuka untuk bekerja sama dengan beberapa perusahaan software berbasis AI, salah satunya NVidia.

“AI adalah bisnis yang digunakan oleh GBU (Global Business Unit), namun kami berusaha menjadi mitra pilihan GBU di sini sebagai penyedia layanan. Namun kami telah berinvestasi pada pusat data berbasis GBU,” kata Bogi.

Menurutnya, data center berbasis AI merupakan salah satu yang memenuhi kriteria pemain GBU sebagai layanan dan AI sebagai layanan.

Oleh karena itu, pihak harus memastikan data center yang disediakan Telkom memiliki fasilitas yang memenuhi kriteria identifikasi dan perekaman data otomatis (AIDC).

“Posisi kami dengan NVidia atau yang lainnya adalah kami terbuka (untuk berkolaborasi). Kami jelas memiliki fasilitas di data center kami yang memenuhi kriteria AIDC,” kata Bogie.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours