Ada Maung, Barracuda, hingga Motor Listrik Zero, Ini Deretan Kendaraan Operasional Milik Polri

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia memperlihatkan seluruh kendaraan yang dimilikinya pada HUT Bhayangkara ke-78 lalu. Terlihat deretan sepeda motor dan mobil listrik, serta Maung yang menjadi kebanggaan PT Pindad (Persero).

Bagi Maung, sepeda (rantis) ini pernah digunakan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) berkeliling lokasi festival. Jokowi berdiri gagah di kursi depan yang dialihfungsikan untuk melihat seluruh TNI.

Saat ini, kendaraan yang diserahkan Polri kepada Jokowi berupa mobil dan sepeda motor.

Nampaknya ada mobil listrik Hyundai Ioniq 5, terlihat dari desain velgnya yang menunjukkan sedikit ubahan. Namun belum diketahui apa yang akan menjadi Prime atau Signature.

Selain itu, Anda juga bisa melihat sepeda listrik Zero Motorcycle yang dibanderol dengan harga ratusan juta. Ada pula mobil listrik Zero DSR yang digunakan pada KTT G20 di Bali. Menariknya, barisan sepeda listrik itu dipimpin oleh seorang Polwan (polisi wanita).

Sebagai informasi, Zero DSR dibekali baterai terintegrasi cerdas Z-Force Li-Ion berkapasitas 14,4 kWh. Waktu pengisian baterainya hingga 9,8 jam untuk mengisi baterai hingga penuh 100 persen.

Untuk ZF 14.4 Power Tank kapasitas baterainya mencapai 18 kWh dan membutuhkan waktu 12,1 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Jika menggunakan kotak pengisi daya, hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk mengisi penuh baterai.

Menggunakan motor listrik berjenis Clutchless Direct Drive, motor ini mampu menghasilkan tenaga 70 hp dan torsi maksimal 157 Nm. Kecepatan maksimalnya hingga 163 km/jam.

Berikutnya, Anda bisa menemukan jajaran kendaraan taktis Barracuda yang dibuat dari kendaraan utilitas Mercedes-Benz UNIMOG U-5000 (4×4).

Barracuda berbobot 11,7 ton dan dibekali mesin turbocharged Daimler Chrysler OM 924LA dengan transmisi Daimler Chrysler Electrical Pneumatic Shifting (EPS). Transmisinya terdiri dari delapan depan dan enam belakang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours