Shin Tae-yong Ceritakan Magis Jersey Putih Timnas Indonesia

Estimated read time 2 min read

Shin Tae-yong (STY) mengaku mengenakan jersey putih merupakan bagian dari taktiknya untuk mengalahkan Filipina. Pelatih Timnas Indonesia ini mengatakan, penggunaan jersey tandang menjadi faktor penting dalam pertandingan.

Diketahui, Timnas Indonesia baru saja memesan tiket putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kepastian itu didapat usai Timnas Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol Skuad Garuda tercipta berkat tendangan spektakuler Thom Haye (32) dan sundulan Rizky Ridho (56). Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia menjadi tim kedua dari Grup F yang lolos ke babak ketiga setelah Irak.

Ini merupakan pertama kalinya Timnas Indonesia mencapai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia. Prestasi tersebut bahkan lebih manis dibandingkan Skuad Garuda yang menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) di babak ketiga.

Ternyata, di balik kesuksesan tersebut ada faktor non teknis yang membantu timnas Indonesia. Faktor tersebut adalah pemilihan jersey tandang sebagai jersey kandang. Diakui Shin, penggunaan jersey tandang ini merupakan bagian dari taktiknya.

“Kenapa pilih baju putih karena putih membuat badan terlihat lebih besar. Jadi dengan cuaca panas seperti ini, lebih baik memakai warna putih daripada merah,” kata Shin saat jumpa pers pascalaga, Selasa (6/11/2024) kemarin.

Taktik tersebut jelas menunjukkan betapa getolnya Shin Tae-yong mempertahankan kesuksesan Skuad Garuda. Berikutnya, mereka akan kembali menghadapi tantangan berat saat mengikuti babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sebanyak 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup pada fase ini. Setiap grup akan terdiri dari enam tim dan dua tim teratas otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim ketiga dan keempat akan kembali berhadapan di babak keempat.

Shin mengatakan putaran ketiga akan menjadi ujian berat bagi Thom Haye dan rekan-rekannya. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu yakin Timnas Indonesia akan berjuang keras untuk mengikuti fase tersebut.

“Sebenarnya kami lolos ke babak ketiga, tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi di peringkat 134. Jadi tim lawan pasti lebih baik. Bisa dikatakan tim kami adalah tim terlemah di antara tim-tim yang lolos ke babak ketiga,” kata Shin.

“Tapi saya akan terus berusaha mewujudkan impian saya (membawa timnas Indonesia ke Piala Dunia) dan kami tidak akan mudah menyerah,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours