Cara diet sehat dan cepat untuk dapatkan berat badan ideal

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Banyak orang yang ingin mencapai berat badannya. Selain menunjang penampilan, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah penyakit terkait obesitas.

Diet merupakan cara yang bagus untuk menurunkan berat badan, namun sayangnya masih banyak orang yang salah makan. Ujung-ujungnya berujung pada kematian dan hanya menimbulkan penyakit.

Jika Anda mengatur gaya hidup yang benar, Anda bisa sukses dalam berdiet. Bagaimana cara makan yang sehat dan cepat? Dengarkan diskusi ini:

1. Menyesuaikan jumlah makanan dan jadwal makan

Pola makan dapat berdampak besar pada berat badan Anda, jadi penting untuk memantau ukuran porsi dan jadwal makan harian.

Jika biasanya Anda makan dari piring besar, batasi ukuran porsi menjadi setengah piring besar atau gunakan piring lebih kecil. Berhati-hatilah untuk tidak makan berlebihan saat sedang diet.

Ikuti jadwal makan tiga kali sehari: sarapan, makan siang, dan makan malam. Kurangi camilan berkalori tinggi.

2. Minum lebih banyak air dan kurangi gula

Hindari minuman berwarna dan bergula saat sedang diet. Ubah kebiasaan minum Anda.

Disarankan untuk minum 2 liter air sehari untuk menekan nafsu makan. Air sangat menyehatkan karena tidak mengandung kalori dan tubuh Anda membutuhkan air untuk mencegah dehidrasi.

3. Makan makanan dan minuman yang bergizi

Saat berdiet, tubuh Anda tetap membutuhkan pola makan seimbang yang terdiri dari protein, lemak sehat, serat, kalsium, dan karbohidrat. Sangat membantu dalam menjaga kesehatan dengan menjaga metabolisme tubuh tetap normal.

Anda boleh tetap mengonsumsi lemak dan karbohidrat, namun batasi ukuran porsi atau perbanyak asupan serat dari sayur dan buah.

4. Berolahraga secara teratur

Menjadi aktif sangat penting untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau berenang.

Tergantung pada aktivitas olahraga dan kemampuan fisik yang Anda pilih, Anda sebaiknya melakukan olahraga selama 75-150 menit.

Olahraga membakar kalori lebih cepat, membuat diet lebih sukses, dan menjaga kesehatan tubuh.

5. Jangan terlambat

Tidur yang cukup menjadi salah satu faktor keberhasilan penurunan berat badan. Jika Anda kurang tidur atau begadang, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, sulit berkonsentrasi, insomnia, dan penyakit jantung.

Diet yang sehat dan cepat adalah mungkin. Melakukan diet untuk mendapatkan hasil yang optimal memerlukan proses dan waktu. Jika Anda kesulitan mempertahankan kebiasaan gaya hidup yang benar untuk menjaga pola makan, konsultasikan dengan dokter spesialis di dekat Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours