Pusat Pelaporan Investigasi Gugat OpenAI dan Microsoft Atas Pelanggaran Hak Cipta

Estimated read time 2 min read

NEW YORK – Pada tanggal 27 April 2024, Center for Investigative Reporting (CIR), organisasi nirlaba di balik Mother Jones dan Reveal, mengumumkan gugatan terhadap OpenAI dan Microsoft.

Kasus ini menyusul tindakan serupa yang dilakukan The New York Times dan beberapa media lainnya.

CIR menuduh OpenAI dan Microsoft menggunakan artikel beritanya untuk mempraktikkan contoh bahasa dalam jumlah besar tanpa izin atau kompensasi. Hal ini, menurut CIR, telah mempengaruhi hubungan mereka dengan pembaca dan mitra serta menghilangkan pendapatan mereka.

“OpenAI dan Microsoft mulai menyedot cerita kami untuk mendukung produk mereka, namun mereka tidak pernah meminta izin atau menawarkan kompensasi, tidak seperti organisasi lain yang melisensikan materi kami,” kata Monika Bauerlein, CEO Pusat Pelaporan Investigasi.

“Perilaku parasit ini tidak hanya tidak adil, namun juga menghilangkan prasangka. Pekerjaan para jurnalis, di CIR dan di tempat lain, sangat berharga, dan OpenAI serta Microsoft mengetahuinya.”

Gugatan CIR meminta ganti rugi yang tidak ditentukan dan perintah yang mencegah OpenAI dan Microsoft menggunakan konten tersebut lebih lanjut.

CIR bukan satu-satunya pihak yang mengambil tindakan hukum terhadap OpenAI dan Microsoft atas praktik penyalinan kontennya.

The New York Times menghabiskan $1 juta dalam gugatan terhadap kedua perusahaan tersebut, dan delapan perusahaan publik yang dilindung nilai oleh Alden Global Capital, termasuk New York Daily News dan Chicago Tribune, juga mengajukan gugatan. Selain itu, beberapa penulis telah meminta OpenAI secara detail.

Tuntutan hukum ini menimbulkan pertanyaan penting mengenai properti dan hak cipta di era kecerdasan buatan.

Ketika model bahasa besar menjadi lebih canggih dan mampu menghasilkan teks berkualitas manusia, menentukan bagaimana konten dapat digunakan untuk melatih model menjadi semakin penting.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours