Gunung Etna di Italia meletus keluarkan asap dan abu

Estimated read time 1 min read

Roma (ANTARA) – Gunung Etna di Italia, salah satu gunung berapi teraktif di Eropa, meletus disertai lahar dan abu pada Jumat.

Menurut laporan media lokal, gunung berapi berbentuk kerucut setinggi 3.300 meter di pulau Sisilia telah aktif dalam beberapa hari terakhir.

Aktivitas tersebut terutama terlihat di kawah Voragine yang mulai meletus hebat disertai lava dan abu. Aliran lava juga teramati dari kawah Voragine menuju kawah lainnya.

Berdasarkan perhitungan kantor regional Institut Geofisika dan Vulkanologi Nasional Italia (INGV) di Catania, abu yang dikeluarkan Gunung Etna mencapai ketinggian sekitar 4,5 kilometer dan bergerak ke arah tenggara.

Akibat awan abu tersebut, INGV telah mengeluarkan peringatan kode merah bagi pesawat yang terbang di atas wilayah tersebut.

Departemen Perlindungan Sipil, yang merupakan bagian dari Kantor Perdana Menteri, juga telah mengeluarkan peringatan kuning untuk aktivitas gunung berapi.

Aktivitas vulkanik, seperti letusan abu dan lava dari Gunung Etna, terlihat dari Catania dan kota-kota sekitarnya, dan jatuhnya abu juga dilaporkan terjadi di Catania.

Etna adalah gunung berapi aktif tertinggi di Eropa, dengan letusan besar terakhir abu dan lava pada tahun 2023. Desember.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours