Menu diet sehat untuk turunkan berat badan yang ideal

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Menu diet sehat sangat penting saat mencoba menurunkan berat badan, agar tujuan nutrisi Anda bisa tercapai secara maksimal.

Menu sehat juga dapat mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya, sehingga pola makan dapat terlaksana secara maksimal untuk mencapai berat badan idaman.

Jenis dan porsi makanan saat mempertimbangkan pola makan. Apa saja menu diet sehat? Dengarkan diskusi ini.

Sarapan

Kalau sudah waktunya sarapan, jangan sampai terlewatkan. Anda bisa mengonsumsi protein dan serat, seperti telur rebus atau oatmeal yang dicampur buah. Mengonsumsi makanan tersebut dapat memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama dan mengandung nutrisi.

Tambahkan roti gandum dan secangkir susu. Selain susu, Anda bisa menggantinya dengan teh, kopi, atau susu tanpa menambahkan gula.

Makan siang

Saat makan siang, Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi kaya protein, lemak sehat, dan serat. Menu makanan seperti ayam bakar, ikan, sayur goreng, tahu, tempe, rujak dan lainnya.

Anda bisa mengganti nasi dengan kentang rebus atau nasi merah untuk makanan utama dalam menu sehat.

Makan malam

Saat waktunya makan malam, makanlah makanan nabati yang bergizi. Anda bisa mengonsumsi sayur sop, kentang, wortel, bayam, sawi dan lain-lain yang rendah kalori dan kaya nutrisi. Setelah itu Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan.

Pada malam hari, sangat disarankan untuk menghindari makanan dengan porsi berlebihan atau yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi.

Makanan ringan

Anda bisa makan camilan sehat di antara waktu makan. Pilih camilan sehat seperti oatmeal, yogurt, kacang-kacangan, camilan, dan buah segar. Camilan kaya protein, lemak sehat, vitamin dan serat sangat baik untuk tubuh.

Merupakan menu sehat yang baik untuk menurunkan berat badan atau diet. Tidak harus mahal atau rumit. Berikan preferensi pada makanan yang kaya nutrisi dan hindari makanan olahan yang digoreng dengan minyak berlebih.

Jika bosan, Anda bisa mengganti seluruh menu dengan jenis makanan lain. Namun saat mengganti menu, selalu perhatikan bahan-bahan yang ada di dalam makanan.

Selain itu, dukung olahraga teratur agar tubuh tetap bugar dan minum air putih 2 liter sehari agar tubuh tetap terhidrasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours