2 Hektare Hutan Jati di Bojonegoro Dilalap Api, Diduga Sengaja Dibakar

Estimated read time 1 min read

BOJONEGORO – Memasuki musim kemarau, kebakaran terjadi di kawasan jati Bojonegoro pada Minggu (30 Juni 2024). Seperti yang terjadi di lahan 129 KPRH Sampang, Badan Pengelola Hutan (BKPH) Dander, tepatnya berlokasi di Desa Jono, Kecamatan Temaiang, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Bojonegoro, Ahmad Gunawan mengatakan, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Sesampainya di lokasi kejadian, polisi langsung memadamkan api.

Bangsal Damkarmat Bojonegoro Kantor Pos Temaiang mendapat laporan pukul 14.40 VIB yang tiba di lokasi kejadian 2 menit kemudian. “Banyak daun timah kering yang berguguran saat memasuki musim kemarau, api cepat membesar,” jelasnya.

Diduga penyebab kebakaran tersebut sengaja dilancarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 VIB, dengan melibatkan 1 unit mobil pemadam kebakaran dan 5 personel TNI,” imbuhnya.

Selain pemadaman api, petugas Damkarmat Bojonegoro juga melakukan kampanye sosialisasi kepada masyarakat hutan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan pada musim dingin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours