Caplok Lagi Saham Freeport 10%, Menteri ESDM Sebut Bisa Gratis

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan Holding BUMN Pertambangan MIND ID tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengakuisisi tambahan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) cukup yakin Indonesia membeli saham Freeport . bulan ini dia akan menguasai 61%.

Jadi tidak ada lagi uang MIND ID yang dikeluarkan, nanti dihitung ya ada mekanismenya. Tapi (Indonesia) mendapat tambahan kuota, jelas Arifin Tasrif, Menteri ESDM, saat ditemui di Direktorat Jenderal. Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas), Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Arifin menyoroti pemerintah juga mempunyai dasar untuk memperpanjang izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Freeport Indonesia hingga tahun 2051. Padahal, IUPK yang ada saat ini baru akan habis masa berlakunya pada tahun 2041.

Dijelaskannya, untuk memperluas IUPK, PTFI juga harus menambah investasi pengecoran baru di Papua. Sedangkan syarat lainnya adalah melakukan divestasi tanpa mengeluarkan uang hingga sahamnya turun.

“(Menambahkan smelter di Papua) bagian itu, saham tidak perlu biaya, smelter, hilirisasi,” imbuhnya.

Namun, dia mengaku belum bisa memastikan kapan proses divestasi saham tersebut atau perpanjangan izin akan dilakukan. “Iya kita lihat saja nanti,” pungkas Arifin saat ditanya apakah tahun ini selesai atau tidak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours