Program BUMN Pelita Warna Tahap 2 berdayakan WBP Lapas Cipinang

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo bersama 12 BUMN mencanangkan Program BUMN Pelita Warna Level 2 pada tahun 2024, sebuah inisiatif yang bertujuan memberikan dampak positif dan berkelanjutan kepada masyarakat khususnya Narapidana (WBP) Cipinang . penjara

Pelindo berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat, khususnya warga Lapas (Lapas) Kelas I Cipinang Jakarta Timur.

“Hal ini merupakan wujud komitmen BUMN untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat. Melalui kerjasama ini, kita dapat membuka peluang baru dan memberikan harapan kepada masyarakat sasarannya,” ujar Asisten Wakil Presiden Bidang Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono dalam sambutannya di Jakarta, Rabu.

Selain Edi, acara peluncuran program tersebut juga dihadiri Kepala Daerah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, Kepala Lapas Cipinang, Enget Pulungan Sholat Manik, dan Febrianto Zenny Sulistyo. selaku Pemimpin Cabang TJSL Pelindo yang juga merupakan PIC Program sekaligus ketua TJSL dan perwakilan dari 12 BUMN Kerjasama.

Febrianto mengapresiasi komitmen BUMN untuk bersinergi. Menurutnya, program tersebut telah menginspirasi banyak kalangan, dimana program ini sudah memasuki tahun kedua, namun semangat dan semangat masyarakat sasaran dan BUMN untuk bersinergi tetap tinggi dan terus berkembang.

“Ini membuktikan bahwa dengan dukungan yang tepat, mereka bisa mengubah kehidupannya menjadi lebih baik,” kata Febrianto.

Program ini diharapkan tidak hanya berhenti sementara, namun menjadi awal dari perjalanan panjang menuju perubahan positif dan berkelanjutan bagi warga binaan Lapas Cipinang.

Kerja sama dan dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak diharapkan dapat menciptakan masa depan cerah bagi para narapidana, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Daerah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta R. Andika Dwi Prasetya mengatakan proyek ini menunjukkan bahwa dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, para narapidana dapat mencapai perubahan positif dan berkontribusi kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Lapas Cipinang Ranti Pulungan Sholat Manik selaku pembawa acara menekankan pentingnya program tersebut bagi kesejahteraan para warga binaan.

“BUMN Pelita Warna telah banyak melakukan perubahan positif bagi Lapas Cipinang. Program ini tidak hanya memberikan pelatihan dan fasilitas yang baik, tetapi juga mendukung terciptanya lingkungan dan perbaikan yang lebih baik bagi para narapidana,” ujarnya.

Sekadar informasi, program ini mencakup banyak inisiatif di bidang lingkungan hidup, ekonomi dan pendidikan. Di bidang lingkungan hidup meliputi peralatan regenerasi dan prasarana sanitasi agar ramah lingkungan dengan bio septic tank dan sebagai sumber energi melalui biodigester.

Selain itu, penerapan pertanian terpadu akan memadukan produksi tanaman dan peternakan untuk memastikan masyarakat binaan memiliki akses terhadap pangan dan gizi yang sehat.

Selain itu, di bidang ekonomi, inisiatif dirancang untuk mendukung kebebasan narapidana melalui berbagai langkah. Produk roti, kopi dan kerajinan tangan hasil karya warga dengan bantuan Lampu Warna Level 1 pada tahun 2023 akan dijual melalui pelatihan dan dukungan pemasaran pada Program Level 2 pada tahun 2024.

Bantuan dalam pengemasan dan branding produk kopi dan roti akan membawa nilai tambah dan daya saing produk di pasar.

Program ini juga menyediakan peralatan perdagangan kerajinan seperti mesin laser dan peralatan pengemasan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi.

Kemudian di bidang pendidikan, penyuluhan anti narkoba tingkat kedua, pembaharuan Pusat Pelatihan Daerah (PKBM), dan sertifikasi pelatihan keterampilan MS Office.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk membekali narapidana dengan keterampilan berharga yang dapat mereka gunakan setelah dibebaskan.

Sedangkan BUMN yaitu PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pegadaian, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Perum Lembaga Pabadera Jasa Navigasi Penerbangan Indonesia/AirNav Indonesia, PT Nindya Karya, PT Taspen (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), dan PT Penjaminan Kredit Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours