Setu Babakan selenggarakan kegiatan seni peringati HUT ke-497 DKI

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa menggelar kegiatan seni bertajuk “Festival Seni Budaya Setu Babakan” pada Sabtu (22/6) untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-497.

“Kegiatan ini merupakan perayaan penting bagi kelangsungan kebudayaan Betawi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana di Jakarta, Jumat.

Iwan mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan agar perayaan ini menjadi momen istimewa bagi masyarakat Jakarta, khususnya dalam pengenalan dan pelestarian budaya Betawi.

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan beberapa acara khusus dan pertunjukan budaya untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-497.

Para juru bahasa tersebut, kata Iwan, akan diprioritaskan oleh masyarakat sekitar Perkampungan Budaya Betawi (PBB), sebagai komitmen pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan Setu Babakan.

“Kami juga akan melibatkan komunitas dan seniman lokal untuk mendorong semangat perlindungan, pelestarian, dan pengembangan kearifan lokal Jakarta, yaitu budaya Betawi,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini akan dilaksanakan dari pagi hingga sore hari dan akan ada bazar produk UMKM binaan Satuan Kerja Daerah (SKPD) serta berbagai pertunjukan kesenian seperti Tari Betawi, Musik Keroncong, Gambang Keromong dan Lenong Betawi.

Tak hanya itu, pameran busana Betawi bertajuk “Warna yang Mengikat Menciptakan Makna – Busana Betawi dari Masa ke Masa” juga akan dihadirkan sebagai elemen penting dalam kehidupan manusia, selain menjadi cerminan jati diri kelompok masyarakat khususnya kelompok masyarakat. Kelompok etnis Betawi.

“Ada juga acara Drama Tari oleh Suku Dinas (Sudin) Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan sanggar tari se-Jakarta Selatan bertajuk ‘Ratu Gelatik Mengepakkan Sayap dari Selatan’,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi, Rusmantoro mengatakan, pihaknya telah bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah, seperti Suku Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, serta kalangan akademisi dan non-kajian di wilayah Jakarta untuk melakukan hal tersebut. . perayaan hari jadi kota jakarta yang ke 497 berjalan sukses.

Menurut dia, melalui persiapan yang matang dan dukungan berbagai pihak, Kampung Budaya Betawi siap merayakan HUT Jakarta ke-497, melestarikan dan melestarikan kekayaan budaya Betawi.

“Saya berharap Kampung Budaya Betawi dapat bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai pusat informasi dan penciptaan kearifan lokal di Jakarta sesuai amanah yang diberikan, sesuai dengan kemajuan zaman,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours