2 Pemain Tua yang Siap Menari di Euro 2024, Cristiano Ronaldo Catat Rekor

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Usia bukanlah batasan bagi bintang sepak bola modern. Faktanya, beberapa negara mengandalkan pemain yang lebih tua untuk memberikan faktor X di Euro 2024.

Cristiano Ronaldo dan Modric merupakan pemain veteran yang akan bermain di Euro 2024. Seperti diketahui, pemain ini terus menunjukkan kelasnya di lapangan.

Misalnya, Cristiano Ronaldo memiliki karier yang luar biasa dan memenangkan Ballon d’Or lima kali sebagai pemain terbaik dunia, dan itu bukan suatu kebetulan.

Cristiano Ronaldo yang berusia 39 tahun bermain di Euro 2024 dan mencetak rekor. Ronaldo menjadi pemain dengan caps terbanyak sepanjang sejarah Euro. Total, ia memainkan 25 pertandingan dengan 14 gol dan 7 assist. Penampilannya masih bisa ditingkatkan setelah diberi kepercayaan untuk kembali memimpin Portugal di Euro 2024.

Pun dengan Luka Modric yang kini berusia 38 tahun. Ia masih bermain untuk Real Madrid dan diharapkan bisa memberikan X Factor untuk Kroasia di Euro 2024 yang akan dimulai pada 14 Juni di Jerman.

Sementara itu, atlet juga harus memiliki fisik dan daya tahan tubuh yang tinggi, yang diimbangi dengan bertambahnya pengalaman di lapangan.

“Ilmu olahraga memengaruhi cara pemain modern bersiap dalam hal nutrisi, nutrisi, gaya hidup, dan program pelatihan. Kami keluar dari tahun 80an dan 90an dengan tingkat profesionalisme yang terus meningkat,” Tony Strudwick, reporter olahraga untuk The Associated Press

Strudwick sendiri pernah memainkan peran penting di Manchester United, Arsenal, dan Inggris dan saat ini menjabat sebagai direktur medis West Bromwich Albion.

Dia bekerja dengan Ronaldo di Manchester United ketika striker Portugal itu membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

“Dia terdorong untuk sukses. Saya katakan empat atau lima tahun lalu, mengetahui betapa profesionalnya Ronaldo, dia bisa bermain hingga usia 40 tahun. Ini tidak menjadi masalah,” katanya.

Menjelang ulang tahunnya yang ke-40, Ronaldo belum menunjukkan tanda-tanda akan pensiun. Dan dengan berkembangnya ilmu olahraga, umur panjang pemain seperti Ronaldo dan Modric mungkin menjadi hal yang lumrah.

“Kami telah melihat semacam evolusi profesionalisme dibandingkan dengan evolusi genetika. Bukan berarti para pemainnya tidak profesional (mereka memang profesional), tapi mereka tidak tahu apa yang tidak mereka ketahui. “Dari segi akuntabilitas, pengawasan terhadap pemain lebih banyak,” ujarnya.

Bagi para pemain, memperbaiki gaya hidup dapat memperpanjang karier mereka, dan banyak dari mereka menggunakan layanan kebugaran dan pengondisian untuk memastikan mereka tetap dalam kondisi prima bahkan selama musim sepi.

Ryan Giggs misalnya. Dalam beberapa tahun terakhir dia mengikuti yoga untuk membantu memperpanjang karirnya, memungkinkan dia bermain untuk United hingga usia 40-an.

Banyak pemain top juga mengandalkan jasa koki pribadi yang menyediakan makanan seimbang dan berkualitas restoran setiap hari.

Terapis pijat Manchester United dan Inggris Rod Thornley masih ingat ketika manajer Italia Fabio Capello masih menangani The Three Lions.

“Makanan pertama sebelum pertandingan adalah semangkuk besar pasta. Tanpa saus, hanya pasta,” kata Thornley kepada AP.

“Anak-anak melihat sekeliling dan berkata, ‘Apa ini?’ mereka berkata. Kami tidak bisa memakannya,’ katanya. Itu saja, katanya lagi.

Adapun Ronaldo, CR7 mengaku memiliki karier cemerlang dan meraih lima kali Ballon d’Or sebagai pemain terbaik dunia.

“Ronaldo punya mentalitas ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal. Sejak pertama kali dia tiba di sana, dia ingin menjadi pemain terbaik di dunia. “Dia salah satu pemuda yang Anda kenal, dia akan melakukan apa pun untuk menjadi seorang pria, dan dia telah melakukan itu dan dia membuktikannya,” katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours