Menparekraf: Gotong royong bangun wisata Pulo Sibandang jadi inspirasi

Estimated read time 2 min read

Medan (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menggagas semangat gotong royong antar warga untuk mengembangkan kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Di kawasan Pulo Sibandang, Kamis, “hal yang kami lakukan dalam rangka kerja sama ini menjadi inspirasi bagi seluruh wilayah pulau ini.”

Seperti halnya Sandiaga, kekompakan warga Pulo Sibandang menjadi keunggulan yang mendongkrak pariwisata di kawasan tersebut.

Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang dibangun oleh masyarakat dari tiga desanya, yaitu Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran.

Karena itu, Pulo Sibandang terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam Indonesia Tourism Village Awards (ADWI) 2024.

Desa wisata ini menjadi satu-satunya desa wisata di Sumut yang lolos dari 321 desa wisata yang terdaftar ADWI 2024.

Gerakan persatuan dan gotong royong ini baik bagi masyarakat Pulo Sibandang yang bahu membahu membangun daerahnya, kata Sandiaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan, kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang merupakan salah satu dari 16 Situs Warisan Geologi (Geosite) dalam Geopark Kaldera Global UNESCO Toba.

Pulo Sibandang masih memiliki kekayaan alam dan dikelilingi perairan Danau Toba sehingga memanjakan mata wisatawan.

Akibat letusan Gunung Toba yang lalu, wisatawan bisa langsung melihat suburnya lahan Pulau Sibandang, sehingga lahan tersebut subur untuk ditanami tanaman seperti mangga udang, mangga yang umum ditemukan di Pulau Sibandang.

Selain mangga, terdapat produk nabati lainnya seperti alpukat, kopi, jagung, kakao, kacang tanah, bawang merah, dan ubi jalar.

Sandiaga Uno juga berharap Pulo Sibandang dapat memenuhi visi Indonesia sebagai “destinasi pariwisata kelas dunia” yang berdaya saing global, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan keselamatan masyarakat.

Menparekraf mengatakan, “Pulo Sibandang akan menjadi ‘destinasi pariwisata kelas dunia’ karena merupakan pabrik oksigen Sumut. Jadi bagi pecinta Danau Toba wajib ke Pulo Sibandang.”

Plt Pengurus Dimposma Sihombing Tapanuli Utara mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas arahan yang diberikan untuk mengembangkan Desa Wisata Pulo Sibandang.

“Kami berharap Pulo Sibandang terus dipromosikan. Kami berharap Pulo Sibandang dan Tapanuli Utara harum dan memasyarakat hingga ke pelosok tanah air,” kata Dimposma.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours