Rifda Irfanaluthfi ingin cetak sejarah untuk Indonesia di Paris

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pesenam Rifda Irfanaluthfi mengaku ingin mengukir sejarah bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang digelar Juli nanti.

“Saya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa atlet-atlet Indonesia ada (bisa bersaing di papan atas),” kata Rifda, Senin.

Penghargaan negara tuan rumah berarti Rifda telah mengamankan tempat di Olimpiade 2024 di Paris setelah tampil di Kejuaraan Atletik Dunia 2023 di Antwerp, Belgia.

Dengan kemenangannya tersebut, Rifda pun mengukir sejarah sebagai atlet Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade.

Komite Olimpiade Nasional (NOC) memiliki hak eksklusif untuk mewakili negaranya di Olimpiade; Partisipasi atlet di Olimpiade Paris bergantung pada NOC yang memilih mereka untuk mewakili delegasinya di Paris 2024.

Meski demikian, Rifda mengaku perjalanan dan penantiannya menuju Olimpiade sangat berat.

Pada Oktober 2023, ia mengalami cedera lutut saat berlaga di kompetisi senam internasional di Belgia. Cedera ini membuat dia harus pulih dengan baik, hingga akhirnya dinyatakan fit untuk Paris.

“Saya terus-menerus bertanya kepada manajer saya, pelatih saya, dan teman-teman saya. “Saya kirim satu per satu pesan kepada mereka menanyakan: ‘Apakah saya memenuhi syarat (memenuhi syarat)?’,” kata Rifda. “.

Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi tampil di nomor balok keseimbangan putri pada nomor all-around Senam Artistik SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Quan Ngua, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Rifda berhasil meraih emas dengan mengumpulkan 49.650 poin. PUSAT FOTO / Zabur Karuru / aww. (ANTARA FOTO / ZABUR_KARURU)

“Saat itu saya menangis dan memeluk pelatih saya. “Pelatih saya mengatakan kepada saya bahwa perjuangan kami pada tahun 2015 akhirnya menjadi kenyataan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Rifda mengatakan, kemenangan sebagai atlet Indonesia pertama yang mengikuti Olimpiade tidak hanya penting baginya, namun ia berharap dapat menginspirasi atlet-atlet muda lainnya untuk menekuni cabang olahraga yang berbeda.

“Saya bukan satu satunya. “Saya ingin memberikan kekuatan kepada semua pihak, khususnya para atlet muda, tidak hanya di cabang atletik, tapi juga di cabang olahraga lain yang tidak ikut Olimpiade,” kata Rifda.

“Saya ingin memberi tahu Anda jika saya bisa melakukannya, Anda juga bisa,” tambahnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours