Cara Mudah Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing dengan Daun Pepaya, Yuk Coba!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menghilangkan bau busuk pada daging kambing dengan daun pepaya merupakan cara alami yang mudah dan efektif. Daging kambing sendiri terkenal dengan cita rasa lezatnya yang unik.

Namun bau apek pada daging kambing seringkali menjadi alasan sebagian orang enggan mengolahnya. Bau inilah pula yang sering muncul dan mengganggu aroma dan rasa makanan.

Salah satu solusi alami dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang memiliki kemampuan memecah protein dan lemak yang terdapat pada daging.

Enzim ini tidak hanya membantu melunakkan daging, namun juga mampu menghilangkan bau busuk khas daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga memiliki aroma alami yang mampu menutupi bau tak sedap.

Dirangkum dari channel YouTube Masakan Rumah, Senin (17/6/2024), Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun pepaya tua lalu diremas-remas.

Tata daun pepaya di atas daging kambing yang sudah disiapkan, lalu taburi dengan sisa daun pepaya. Pastikan seluruh daging terlumuri perasan daun pepaya.

Selanjutnya diamkan daging kambing bersama daun pepaya selama 30 menit. Setelah selesai maka daging kambing siap diolah dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dagingnya juga bisa menjadi lebih empuk saat Anda memakannya.

Cara menghilangkan bau daging kambing ini juga bisa Anda maksimalkan dengan tidak mencuci dagingnya. Pasalnya, mencuci daging kambing akan membuat baunya semakin kuat.

Selain itu, jika daging direndam maka akan keluar sari daging beserta aromanya.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menambahkan bumbu seperti jahe, bawang putih, dan kunyit saat merendam daging kambing. Rempah-rempah ini tidak hanya membantu menghilangkan bau, tetapi juga menambah rasa pada daging.

Jika Anda tidak memiliki daun pepaya, Anda bisa menggunakan jus pepaya atau buah pepaya muda sebagai alternatifnya. Caranya pun sama, yaitu merendam daging kambing dalam jus atau parutan pepaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours