BPH Migas: Kondisi pipa gas bumi di Batam terawat dengan baik

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Badan Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengumumkan jaringan pipa gas bumi di wilayah Batam, Kepulauan Riau, dalam kondisi baik dan terawat.

Anggota Panitia BPH Migas Wahyudi Anas usai meninjau instalasi transmisi gas bumi di SPBU Panaran PT Transport mengatakan, “Alhamdulillah secara fisik cukup bagus dan handal. Peralatan dan pelaporan didigitalkan, semuanya berfungsi dan dipantau.” Indonesia (PT TGI), Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/7/2024).

Wahyudi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan pipa transmisi yang beroperasi sejak 2003 itu dalam kondisi baik.

Untuk memantau data dalam proses transportasi gas bumi, Wahyudi juga mengungkapkan bahwa TGI telah mengembangkan sistem proses SCADA (supervisory control and data acquisition).

“Distribusi, volume, transportasi, tekanan, suhu, komposisi gas bumi, semuanya dipantau secara online, real time. Itu juga sebagai bentuk peralihan hak asuh antara pengangkut dan pengirim,” jelasnya. .

Wahyudi menambahkan, pipa tersebut memiliki fungsi penting dalam mengalirkan gas bumi pada jalur ekspor Sumsel, Jambi, Tanjung Yabung, Batam hingga Singapura.

“BPH Migas sudah memeriksa seluruh fasilitas dan sesuai prosedur. Besaran kiriman tersebut dilaporkan ke BPH Migas dan TGI merupakan badan usaha yang bergerak dalam rangka pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (NPT),” ujarnya. menjelaskan. SPBU Panaran PT Transport Gas Indonesia (PT TGI), Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/7/2024) melakukan inspeksi operasional fasilitas transmisi gas bumi Badan Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Humas Antara/HO-BPH Migas

Anggota panitia BPH Migas Yuan Prasetya Adi menjelaskan, BPH Migas hadir di Batam untuk memberikan informasi peraturan terkini mengenai pengaturan akses TGI atau kegiatan pemanfaatan bersama.

Kedua, memberitahukan ketentuan mengenai peninjauan tarif, termasuk pengaturan bahwa apabila terjadi penurunan tarif yang cukup drastis, maka penurunan tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan kelangsungan hidup badan usaha dan tetap menjaga perlindungan terhadap tarif. sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. . dia berkata

Dalam kunjungan lapangan tersebut, BPH meninjau fasilitas alat ukur dan layar monitor Gedung Kendali Migas.

SPBU Panaran memiliki empat stasiun pengukuran dan radar untuk memantau aktivitas di sekitar pipa.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala BPH Migas Erika Retnowati dan anggota panitia BPH Migas Abdul Halim, Iman Salman Arif, Hariya Adityabarman, Saleh Abdur Rahman dan Japit Saptaputra.

Turut hadir Direktur Gas Bumi BPH Migas Sorjaningsih, Chief Executive Officer TGI Anak Agung Putu Bagus Putra, Direktur Pengembangan Bisnis TGI Kamal Rachamaputra dan Manajer Kanwil IV TGI OD Zaka Rinaldi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours