Cara Membuat Akun Google Scholar agar Karya Anda Dilihat Perusahaan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Banyak pelajar yang mencari cara membuat akun Google Scholar. Layanan Google yang juga dikenal dengan nama Google Cendekia ini bukanlah hal baru di dunia akademis.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang Google Cendekia? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Google Cendekia?

Google Scholar adalah layanan pencarian yang dibuat oleh Google khusus untuk pelajar, cendekiawan, dan akademisi lainnya yang membutuhkan referensi ilmiah. Layanan Google ini diciptakan oleh Anurag Acharya yang bergabung dengan tim pengindeksan web Google pada tahun 2000.

Proses peluncuran resminya dilakukan pada tahun 2004 dan sejauh ini telah membantu banyak ilmuwan di seluruh dunia.

Jika Anda seorang akademisi, berbagai referensi terpercaya untuk penulisan tesis, disertasi, penelitian, dan jenis karya ilmiah lainnya dapat Anda temukan di Google Scholar Indonesia.

Kumpulan jurnal Google Scholar sudah terbukti kredibilitasnya karena disusun oleh para akademisi nasional dan internasional di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, matematika, dll.

Cara membuat akun Google Cendekia

Jika Anda ingin membuat akun Google Cendekia, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

● Pastikan Anda memiliki akun Google untuk masuk.

● Selanjutnya, Anda perlu mengakses Google Cendekia lalu masuk dengan akun Google Anda.

● Setelah berhasil login, klik opsi Profil Saya yang muncul di sisi kiri atas layar. Selanjutnya, masukkan beberapa informasi pribadi seperti nama, afiliasi (informasi status kampus atau akademik), alamat email untuk verifikasi, bidang minat Anda, dan situs web (jika ada).

● Setelah Anda selesai mengisi data pribadi Anda, klik Berikutnya untuk melanjutkan ke opsi artikel. Google Cendekia akan menemukan artikel ilmiah yang terindeks berdasarkan nama Anda. Jangan lupa klik tanda centang untuk menandai karya ilmiah hasil karya Anda, lalu klik ikon biru → untuk membuka halaman pengaturan.

● Langkah ini sangat penting karena banyak pengguna Google Scholar di Indonesia yang bertanya tentang bagaimana Google Scholar mengindeks artikel atau artikel online kita. Setelah masuk ke halaman pengaturan, klik Terapkan pembaruan secara otomatis sehingga Google Cendekia dapat segera mengindeks dokumen yang Anda terbitkan secara otomatis. Jangan lupa centang opsi Jadikan profil saya publik agar pengguna Google Cendekia lainnya dapat mengakses profil Anda.

● Ketika semua proses selesai, Google akan mengirimkan pemberitahuan ke email Anda untuk verifikasi. Buka Gmail untuk memverifikasi bahwa akun Google Cendekia telah dibuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours