Arti SPF pada sunscreen dan mengapa penting untuk kulit?

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – SPF pada tabir surya sangat penting karena menunjukkan waktu perlindungan produk terhadap sinar matahari.

Tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Saat memilih tabir surya, Anda pasti sering menemukan nomor SPF pada kemasan produk.

Faktor perlindungan matahari atau SPF adalah ukuran seberapa baik tabir surya melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang merupakan penyebab utama kulit terbakar dan berkontribusi terhadap kanker kulit.

SPF merupakan ukuran seberapa lama kulit dapat bertahan di bawah terik sinar matahari dibandingkan jika tidak menggunakan tabir surya.

Misalnya saja kulit kita biasanya mulai terasa terbakar setelah 10 menit terkena sinar matahari, maka penggunaan tabir surya dengan SPF 30 memberikan waktu perlindungan 30 kali lipat, yaitu sekitar 300 menit, sebelum kulit mulai terbakar.

Bagaimana memilih SPF yang tepat

Pemilihan SPF dapat bergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kulit, durasi paparan sinar matahari, dan aktivitas.

Berikut beberapa cara umum untuk menentukan SPF yang tepat:

1. Aktivitas sehari-hari

Untuk aktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor atau berbelanja, tabir surya dengan SPF 15 hingga 30 sudah cukup memberikan perlindungan yang memadai.

2. Aktivitas luar ruangan

Jika Anda berencana menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, seperti berolahraga, berenang, atau berkebun, pilihlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perlindungan tambahan.

3. Kulit lembut atau cantik

Orang dengan kulit cerah atau sensitif mudah terbakar dan membutuhkan tabir surya dengan SPF tinggi seperti SPF 50.

Cara menggunakan tabir surya yang benar

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari tabir surya, penting untuk menggunakannya dengan benar. Berikut beberapa tip untuk menggunakannya:

1. Tambahkan sedikit sesuatu

Tutupi seluruh area kulit yang terkena sinar matahari dengan tabir surya secukupnya.

2. Tambahkan 15 menit sebelum keluar rumah

Oleskan tabir surya minimal 15 menit sebelum keluar rumah agar produk memiliki waktu meresap ke dalam kulit.

3. Ulangi

Tabir surya sebaiknya dioleskan kembali setiap dua jam, terutama jika Anda berenang atau berkeringat.

Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) juga menganjurkan penggunaan tabir surya dengan SPF 30+ setiap dua jam sekali, terutama saat beraktivitas. Di musim panas, mengoleskan kembali tabir surya penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV yang kuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours