Satpol PP Jaksel sisir ranjau paku di dua ruas jalan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Satuan Polisi Negara Bagian Jakarta Selatan (Satpol PP Jaksel) melewati ranjau paku di dua ruas jalan, yakni Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kecamatan Setiabudi. “Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudi,” kata Kepala Divisi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Jakarta Selatan dan Bidang Penindakan Satpol PP Jakarta Selatan, Daniel, di Jakarta, Kamis. Dijelaskannya, aksi bersih-bersih tersebut merupakan langkah antisipasi tidak langsung terhadap pelanggaran ketertiban umum melalui penerapan Peraturan Daerah 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum. Salah satu caranya, tegasnya, dengan melakukan pengawasan terhadap vulkanisator yang berada di trotoar atau di zona hijau. Dalam penggeledahan di kawasan Jalan HR Rasuna Said, timnya berhasil membersihkan paku, kabel, dan sekrup yang beratnya mencapai lima kilogram. Baca juga: Satpol PP DKI Awasi Jalanan Jakarta Pastikan Bersih dari Ranjau Paku; “Kami kerahkan lima anggota Satpol PP untuk membersihkan jalan di Jalan HR Rasuna Said,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Satpol PP Surat Desa Karet Semanggi mengatakan, sebanyak 20 buah payung besi berhasil dilepas saat pembersihan ranjau paku di Jalan Gatot Subroto.

“Kami menggunakan instrumen modifikasi yang dilengkapi magnet, dan kami akan terus melakukan penggeledahan sesuai protokol setidaknya sekali sehari,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga meminta agar pelaku penebar paku tidak mengulangi perbuatannya lagi karena dapat membahayakan nyawa pengendara dan berujung pada tuntutan pidana. “Jika masyarakat melihat ada yang menyebarkan ranjau paku, bisa didokumentasikan dan dilaporkan ke petugas Satpol PA terdekat atau pihak berwajib,” ujarnya. Baca Juga: Jujur Tekad Relawan Sabre Perangi Ranjau Paku di Jakarta Setiap hari, Satpol PP Jakarta Selatan menerjunkan 20 anggotanya untuk menelusuri jalan dalam catatan yang terjadi. Kami berharap pengawasan yang rutin dapat mencegah dan meminimalisir pelanggaran keamanan dan ketertiban masyarakat. Mari kita dukung dan sukseskan Jakarta sebagai kota global yang memberikan rasa aman dan nyaman, tandasnya.

Satuan Polisi Negara (Satpol PP) DKI Jakarta mengedepankan pendekatan humanistik dan komunikasi efektif dalam melakukan kegiatan pengawasan. Baca Juga: Peluncur Tambang Kuku Ditangkap Saat Beroperasi

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours