Ini Waktu yang Tepat untuk Beli Tiket Pesawat Agar Dapat Harga Murah

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Mengetahui waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat penting dilakukan untuk mendapatkan harga termurah. Penerbangan dapat dipesan hampir setahun sebelumnya dan harga tiket akan berubah secara berkala.

Sebagai aturan umum, Anda harus memesan tiket penerbangan terlebih dahulu. Pasalnya, harga meningkat tajam pada hari-hari menjelang penerbangan. Namun, ada banyak variabel yang mempengaruhi pola dinamis harga tiket pesawat, termasuk tujuan dan waktu dalam setahun.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat memesan beberapa minggu sebelumnya. Dalam kasus lain, sebaiknya pesan tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya, seperti saat bepergian saat hari libur besar, saat permintaan sedang tinggi, demikian dilansir Travel + Leisure, Selasa (11/6/2024).

Menurut survei CheapAir.com tahun 2023, rata-rata waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat untuk perjalanan domestik adalah antara 164 hingga 46 hari sebelum keberangkatan. Namun menurut laporan Air Travel Hacks 2024 Expedia, waktu terbaik adalah 28 hari sebelum penerbangan domestik.

“Dengan melakukan ini, wisatawan dapat menghemat hingga 24 persen dibandingkan mereka yang menunggu nol hingga enam hari hingga menit terakhir,” kata Christy Hudson, pakar perjalanan Expedia.

Untuk perjalanan domestik, harga naik saat tiket pertama kali dirilis, sekitar satu tahun sebelum penerbangan. Menurut CheapAir.com, harga akan turun secara bertahap ke titik terendah pada jendela pemesanan utama, atau sekitar 5,5 hingga 1,5 bulan sebelum penerbangan.

Setelah itu, Anda akan melihat kenaikan harga untuk perjalanan di menit-menit terakhir. Sebaliknya, untuk perjalanan internasional, lebih baik pesan tiket pesawat Anda lebih awal daripada terlambat. Idealnya tidak lebih dari empat bulan atau 60 hari sebelum keberangkatan.

“Ini adalah perubahan besar dari data tahun 2022, yang menunjukkan bahwa wisatawan mendapatkan tarif termurah ketika mereka memesan empat hingga enam bulan sebelumnya. Data tahun 2023 menunjukkan bahwa orang yang memesan di muka rata-rata membayar lebih banyak,” jelas Hudson.

Namun trik sebenarnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat internasional yang bagus adalah dengan menghindari jam sibuk. Ini termasuk musim panas dan hari libur besar, termasuk hari libur di negara tujuan.

Menurut studi Expedia, hari Minggu adalah hari termurah untuk memesan penerbangan. Saat membandingkan harga penerbangan dari Minggu hingga Jumat, Expedia menemukan bahwa wisatawan menghemat 5 persen untuk penerbangan domestik dan 15 persen untuk penerbangan internasional.

Sejak sebelum tahun 2020, hari Minggu telah menjadi hari terbaik dalam seminggu untuk memesan penerbangan. Studi lain yang dilakukan Google menemukan bahwa harga penerbangan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis rata-rata 1,9 persen lebih murah dibandingkan penerbangan pada hari Sabtu dan Minggu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours