Martinez sebut tempo tinggi kunci Portugal jinakkan Turki

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Pelatih Portugal Roberto Martinez menyebut kunci kemenangan 3-0 timnya atas Turki pada laga kedua Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (22 Juni) adalah permainan cepat.

Martinez mengatakan Türkiye memulai turnamen dengan baik. Namun, gol Bernardo Silva (21′) yang memecah kebuntuan membuat timnya mampu “mengambil kendali permainan” sebelum gol bunuh diri Samet Akaydini (28′) memastikan keunggulan dua gol Os Navegadores di babak pertama.

Di babak kedua, Portugal bermain keras dan gol Bruno Fernandes (56′) memastikan kemenangan, membawa mereka ke perempat final dengan skor 3-0.

“Turki memulai dengan baik, namun ketika kami mencetak gol, kami mengambil kendali permainan. Turki mempunyai bakat istimewa namun kami menghentikan permainan mereka,” kata Martinez di laman resmi UEFA, Minggu.

Tempo tinggi membuat kami bisa mengontrolnya, kami tetap menjaga fokus dan intensitas pertahanan. Saya senang dengan clean sheet ini, tambahnya.

Bernardo Silva, salah satu pencetak gol, mengaku sangat senang dengan tiga poin melawan Turki yang mengantarkan negaranya ke babak perempat final Piala Eropa.

Namun, pemain Manchester City itu mengatakan “ini hanyalah langkah awal” bagi negaranya untuk kembali sukses di Euro 2016.

“Saya sangat senang dengan tiga poin dan tim yang berada di posisi ketiga. Kami selangkah lebih dekat dengan tujuan memenangkan turnamen, tapi ini baru langkah awal,” kata Bernardo.

Sementara itu, pelatih Turki Vincenzo Montella mengatakan timnya bermain bagus di 20 menit pertama sebelum mendapat penalti atas kebrutalan tim Portugal yang ia gambarkan sebagai “salah satu tim terbaik di Eropa”.

“Gol kedua, itu terjadi dalam sepak bola. Saya pikir Portugal adalah salah satu tim terbaik di Eropa dan hari ini mereka membuktikannya. Terkadang kami kurang berani, tapi itu terjadi pada orang-orang yang tidak berpengalaman di tahap akhir,” kata Montella.

Dengan jaminan satu leg di babak 16 besar, Portugal akan menutup babak penyisihan grup melawan Georgia pada Kamis (27/6) pukul 02:00 WIB di Veltins-Arena Gelsenkirchen.

Sedangkan Turki yang saat ini berada di peringkat kedua akan melakoni final melawan Ceko di Volksparkstadion Hamburg.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours