Rabu, Jakarta diprakirakan cerah

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – DKI Jakarta pada Rabu diprakirakan cerah berawan, diperkirakan tidak turun hujan, dan suhu tertinggi 31 derajat Celcius.

Data resmi yang dipublikasikan di situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DKI Jakarta, Rabu, menunjukkan seluruh wilayah DKI Jakarta akan cerah berawan pada Rabu pagi, dengan suhu rata-rata pagi hari antara 25 hingga 29 derajat Celcius.

Wilayah DKI Jakarta yang meliputi wilayah Tengah, Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Kepulauan Seribu diprakirakan cerah pada sore hari dengan suhu siang hari berkisar antara 29 hingga 31 derajat Celcius.

Sebagian besar DKI Jakarta diperkirakan akan kembali berawan pada sore hari, dan hanya cerah di Jakarta Timur dan Selatan.

Wilayah Jakarta selanjutnya cerah berawan dengan suhu rata-rata pada malam hingga dini hari Rabu (9/7) berkisar 24 hingga 28 derajat Celcius.

Sementara kecepatan angin sekitar 10 kilometer per jam dan kelembapan udara 60 hingga 90 persen.

Sebelumnya, Deputi Meteorologi BMKG Guswanta menjelaskan, sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

Namun, hujan tetap bisa terjadi meski dengan intensitas curah hujan di bawah 50 mm per hari.

Guswanta mengatakan, ada kemungkinan terjadi peningkatan curah hujan signifikan di beberapa wilayah Indonesia pada pekan depan.

Hal ini disebabkan oleh dinamika atmosfer regional dan global yang signifikan, termasuk Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Kelvin, dan aktivitas Rossby khatulistiwa di sebagian besar Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

Selain itu, tingginya suhu permukaan laut di perairan sekitar Indonesia juga berkontribusi terhadap peningkatan awan hujan yang signifikan di wilayah tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours