Celah Kreatif Mendongkrak Kampanye Pemasaran di KRL Commuter Line

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Kehidupan masyarakat perkotaan di kota-kota besar tidak lepas dari perjalanan pulang pergi menggunakan berbagai moda transportasi umum, termasuk kereta listrik (KRL). Sebagai sarana angkutan umum, KRL mempunyai jangkauan terluas dan lalu lintas pengguna tertinggi.

Pada awal tahun 2024, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengutip data penggunaan kereta Kereta Listrik Jabodetabek (KRL) akan meningkat signifikan pada tahun 2023. Total volume penumpang melebihi 290 juta, meningkat 35% dibandingkan tahun sebelumnya. tahun lalu

Terdapat rata-rata lebih dari 870.000 penumpang pada hari kerja dan jumlah ini melebihi 650.000 pada akhir pekan, sehingga total 1.090 perjalanan per hari.

Selain itu, data Riset Saluran Komuter 2023 dari Sigma Research juga memberikan gambaran yang menarik. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah penumpang perempuan dan laki-laki dari total pengguna KRL di wilayah Jabodebek. Kebanyakan dari mereka termasuk golongan sosial ekonomi B, disusul golongan C dan A.

Namun, tergantung pada karakteristik dan tipe pengguna, lebih dari 60% total penumpang melakukan perjalanan untuk bekerja.

“Memanfaatkan volume pengguna KRL yang tinggi, frekuensi dan konsistensi perjalanan serta lead time yang lama, KCI, biro iklan dan brand mempunyai peluang untuk meningkatkan brand awareness. “Mendukung teknologi terkini, konsep kreatif dan penyampaian pesan, serta kolaborasi antar media saluran untuk menciptakan keterlibatan, pengalaman unik membantu menyampaikan dan memberikan kesan mendalam kepada penonton,” kata Direktur Pemasaran AMG Agung Prihambodo.

Agung menambahkan beberapa tips di KRL yang dapat digunakan oleh brand untuk meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran dan melibatkan audiens targetnya.

– konsep kreatif, desain dan materi iklan; Kreativitas yang lebih besar dalam konsep dan desain periklanan berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi pengguna KRL dengan merek dan materi iklan. Materi yang ditampilkan harus mampu memberikan manfaat yang relevan dan menarik sehingga sesuai dengan harapan pengguna KRL terhadap iklan yang informatif, menarik dan inspiratif. Dengan demikian, iklan tersebut dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas pengguna KRL.

– Kerja sama multi-platform adalah kompetisi baru; Kolaborasi multi-platform adalah salah satu faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye pemasaran. Melalui kolaborasi, kampanye dapat disebarkan ke seluruh stasiun dan wilayah sekitarnya, jejaring sosial, dan aplikasi digital, tidak hanya di satu lokasi.

Kreativitas yang didukung teknologi dan kolaborasi lintas platform mendorong keterlibatan pemirsa. Brand atau pengiklan dapat mengintegrasikan data real-time ke dalam materi promosi dengan fitur interaktif, salah satunya adalah kode QR. Dengan cara ini, pemirsa dapat mengakses informasi mulai dari detail perjalanan hingga informasi tambahan seperti promo khusus, diskon, atau acara/aktivitas yang dimiliki merek tersebut.

Jangan lupa, pengiklan sebaiknya mempertimbangkan area di sepanjang atau sekitar perlintasan KRL untuk menyampaikan pesan yang lebih luas. Iklan di bagian luar bodi KRL dengan desain yang menarik (body branding) memberikan suguhan visual yang tidak biasa bagi pengguna KRL bagi “orang luar”.

Kisah sukses kampanye pemasaran di KRLC bermula dari sebuah perusahaan start-up di Indonesia yang menyediakan platform penyimpanan aset komoditas dan perdagangan emas digital, yang mampu meningkatkan brand awareness produknya.

Kepala pengembangan dan pemasaran digital perusahaan mengatakan bahwa ketika perusahaan pertama kali didirikan, fokusnya adalah pada pengenalan dan kesadaran merek. Frekuensi dan trafik yang tinggi serta cakupan yang luas menjadi pertimbangan utama dalam memilih saluran media yang tepat.

Didukung kreativitas dalam penciptaan material dan penggunaan perlengkapan audio visual, kampanye mereka berhasil menarik perhatian penonton dan menciptakan kenangan dalam kenangan. Jabodetabek bekerja sama dengan AMG (Alternative Media Group) memilih layar digital di KRL dan gedung perkantoran untuk kampanye pemasaran merek yang menyasar pekerja milenial dan Gen Z.

Selama kampanye pemilu, partainya mencapai peningkatan signifikan dalam pengunduhan platform, pengguna, dan tingkat konversi, katanya. Selain itu, jingle yang digunakan dalam iklan audio di layar digital gedung perkantoran sangat catchy dan diingat dengan baik oleh pengguna KRL yang sebagian besar juga bekerja di perkantoran.

Data dan kisah sukses di atas menunjukkan bahwa berinvestasi dalam strategi media luar ruang kolaboratif (MLG) adalah kunci untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi demografi pengguna yang dinamis ini. Hal ini telah merevolusi cara merek terhubung dengan konsumen. Memilih mitra periklanan MLG yang tepat dan berpengalaman merupakan faktor kunci dalam mendorong keberhasilan kampanye.

AMG (Alternative Media Group) adalah perusahaan pemasok MLG perintis dengan pengalaman lebih dari 17 tahun dalam menawarkan layanan solusi untuk mendukung strategi pemasaran kreatif. Layanan mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis kinerja kampanye.

“Di KRL kami membantu pengiklan mencapai tujuan mereka, mulai dari pengembangan konsep hingga pelaksanaan pemasaran, di mana setiap aspek kampanye dirancang secara cermat untuk memaksimalkan dampak dan efektivitasnya. Bersamaan dengan KRL, inventaris AMG mendominasi jalan-jalan strategis seperti gedung perkantoran, apartemen, dan jalan-jalan strategis lainnya.” rumah sakit, gaya hidup, gym, bandara, sudah merambah ke fasilitas transportasi umum seperti TransJakarta dan transportasi online,” kata Agung.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours