Kemendikbudristek komitmen beri ruang kreativitas anak bangsa

Estimated read time 2 min read

Solo (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen memberikan ruang kreativitas bagi anak-anak. Festival pasca kreatif negara 2024 dengan melaksanakan festival

Direktur Film, Musik dan Media, Direktur Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Solo, Jawa Tengah Ahmad Mahendra Rabu, merupakan salah satu upaya memberikan dukungan terhadap terlaksananya proyek tahun 2024 yang merupakan pasca- festival penciptaan. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Menurutnya, kolaborasi dengan para seniman terus dikembangkan agar semangat dan inspirasi mereka dalam berkreasi tidak hilang-hilang.

“Dukungan dan kolaborasi antara Kemendikbud dan pemangku kepentingan seni terus dijaga. Tujuannya untuk memperkuat lingkungan seni dalam negeri,” ujarnya.

Dikatakannya, festival pasca penciptaan 2024 akan digelar pada 12-14 Juli di kampus ISI dan Pura Mangunegaran. Memberikan wadah bagi seniman ISI untuk menciptakan karya yang menonjolkan nilai-nilai budaya Indonesia.

Dikatakannya, seni dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam banyak hal.

“Melalui kegiatan ini ISI Surakarta telah menggali nilai agung budaya Indonesia,” ujarnya.

Ia yakin berbagai karya yang dihasilkan dari festival kreatif pasca tahun 2024 akan turut memperkuat kemajuan budaya dan seni Indonesia.

“Festival ini menjadi lingkungan budaya yang kuat di ISI Surakarta dalam menjaga tradisi melahirkan seniman-seniman hebat,” ujarnya.

Ketua ISI Surakarta I Nyoman Sukarna mengatakan, upacara tersebut merupakan ajang kerja sama, kolaborasi, dan komunikasi publik untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pihaknya telah menganut trinitas perguruan tinggi dalam konteks dan strukturnya.

“Lembaga ini telah banyak melahirkan lulusan berwawasan global yang menghargai nilai-nilai budaya Indonesia melalui karya yang diciptakannya,” ujarnya.

Salah satu anggota tim, Eko Supriando alias Eko Bez, banyak berkiprah di berbagai kegiatan, termasuk delapan pentas seni.

“Akan ada empat pameran dan program seni selain tiga film dan enam brain show,” ujarnya.

Festival Pasca Kreasi 2024 merupakan inisiatif khusus Program Pascasarjana ISI, 60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri Untuk Kejayaan Bangsa.

“Jadi setelah karya ini beberapa karya terbaik mahasiswa pascasarjana ISI akan dipamerkan kepada publik,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours