Indonesia dominasi taekwondo AUG 2024 dengan 17 medali

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia mengukuhkan diri di industri taekwondo dengan meraih 17 medali pada ASEAN University Games 2024 di Malang, Jawa Timur.

“Pencapaian ini menggarisbawahi keunggulan Indonesia dalam olahraga taekwondo, yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perolehan medali negara secara keseluruhan dan memperkuat posisinya sebagai pesaing terkemuka di ASEAN.” Dalam keterangan tertulisnya, Senin, Jakarta.

Medali emas diraih oleh Tamesti Maheswari pada kategori kyorugi putri 57 kg, Silvana Lamanda pada kategori kyorugi putri hingga 62 kg, dan Dinda Putri Lestari pada kategori kyorugi putri hingga 67 kg.

Pada nomor putra, emas diraih Rizky Anugrah Prasetyo pada nomor kyorugi putra kelas 87kg, serta Aziz Hidayat Tumakaka pada kategori 54kg putra, Muhammad Bassam Raihan pada nomor Kyorugi putra kelas 63kg, dan Osanand. Khairudin pada kyorugi jantan beratnya mencapai 80 kg.

Kelompok putra Poomsae yang meliputi Muhammad Hafizh Fachrur Rhozy, Muhammad Syarif Hidayatulloh, dan Muhammad Rizal juga menyumbangkan emas sehingga totalnya menjadi delapan medali emas.

Medali perak diraih Muhammad Alfi Kusuma di tunggal putra, Adam Yazid Ferdyansyah di kategori under-68kg putra, Arya Danu Susilo di kategori Kyorugi under-74kg, Tubagus Maulana Rifky Aditya di kategori under-8kg, dan Nicho 76kg. Armanto di kyorugi putra 87 kg ke atas.

Pejuang MMA Muhammad Alfi Kusuma dan Avisha Nabila Shaman meraih perak, sedangkan Lifiardiva Rasikah An Khanam juga menambah perak pada angkat besi kyorugi 53kg putri sebanyak 7 medali perak.

Indonesia juga meraih dua medali perunggu di nomor poomsae putri, antara lain Erviko Andrea Prameswari Handoko, Maheswari Enesia Irianto dan Rachmania Gunawan Putri, serta Bagys Aditya Pratama di kategori 58kg putra.

“Para atlet mencapai kesuksesan karena latihan mereka yang ketat dan dukungan strategis dari berbagai pelatih dan tim ilmu olahraga, termasuk dokter, psikolog, dan fisioterapis,” kata Richard.

“Keberhasilan ini merupakan bukti dedikasi dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat,” kata Richard.

PB Taekwondo Indonesia sangat bangga dengan pencapaian ini dan mendorong kami untuk terus meningkatkan prestasi di bidang Taekwondo.

“Jangan berharap hambatan ke depan akan semakin berat,” kata Richard.

Ia menilai hasil tersebut menjadi modal penting bagi lawannya menyambut Asian Games yang akan digelar di Tanah Air.

Hasil tersebut sekaligus menjadi acuan bagi para atlet untuk meraih hasil lebih baik di Kasad International Championships pada Oktober tahun depan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours