Jadilah guru yang menginspirasi bukan sekadar memberikan iptek

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Pemprov DKI Jakarta mengingatkan guru untuk menjadi sosok yang menginspirasi dan bukan sekadar membantu

Sains dan Teknologi (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Murid.

Hal ini disampaikan Ade Riswanto, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta, mewakili Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaluddin, pada pertemuan “BLPT Berkobar (Kolaborasi dan Berbagi)” bersama para Duta Teknologi. ” akan disiarkan online pada hari Senin.

“Guru yang inspiratif menginspirasi siswa dan membangun ketahanan yang dapat dimaknai dan diterapkan siswa di masa depan,” kata Eide.

Ade mengatakan, guru mempunyai peran penting dalam mendidik generasi penerus bangsa yang tidak hanya harus cerdas secara akademis, tetapi juga melek teknis tanpa harus meninggalkan budaya baik masyarakat Indonesia.

“Pada hakikatnya guru berperan penting dalam menanamkan ilmu pengetahuan dan pengembangan karakter bagi pembangunan negara, khususnya generasi muda,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai pendidik, guru harus belajar dan beradaptasi dengan perubahan yang sedang berlangsung untuk memberikan pendidikan terbaik kepada siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Karena jika kita hanya menyebarkan ilmu tanpa berupaya meningkatkan kemampuan, maka kita akan tertinggal dalam hal pengetahuan teknis dan kemampuan siswa dalam menyerap informasi dari berbagai sumber,” kata Ade.

Ia mengingat tiga hal yang dapat Anda lakukan ketika mencoba menggunakan teknologi dalam pendidikan. Pertama, perlunya peningkatan keterampilan di segala bidang, termasuk teknologi, informasi, dan komunikasi.

Yang kedua adalah pembelajaran dan inovasi. Guru hendaknya senantiasa melakukan inovasi proses dan metode pembelajaran berdasarkan perkembangan terkini agar konten lebih mudah dipahami dan diterapkan.

Ketiga, kerja sama dan praktik yang baik. Guru dan siswa harus didorong untuk berbagi praktik baik dalam penggunaan teknologi di tingkat lokal dan nasional berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

“Melalui kegiatan seperti webinar komunitas pendidikan, dapat tercipta budaya berbagi yang konstruktif dan saling mendukung,” ujarnya.

Harus ada evaluasi berkelanjutan terhadap rencana yang dilaksanakan, tambahnya. Penilaian yang teratur dan komprehensif dapat membantu Anda memahami keberhasilan dan tantangan Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours