Camaba, Sudah Siap Kuliah? Ini Perbedaan Artikel dan Jurnal yang Perlu Diketahui

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Demikian penjelasan perbedaan artikel dan jurnal yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa baru. Esai dan jurnal merupakan dua istilah yang tidak asing lagi dalam dunia akademik dan penulisan ilmiah. Namun definisi dan pengertian antara artikel dan jurnal seringkali membingungkan sebagian orang.

Keduanya serupa karena dianggap sebagai karya tulis yang menyajikan temuan fakta dan informasi. Namun terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. sesuatu? Artikel kali ini akan membahasnya, check it out!

Apa itu esai?

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah suatu karya tulis yang lengkap, misalnya laporan berita atau artikel pada majalah, surat kabar, dan sebagainya.

2. Merujuk pada Linguistik Media karya Melyavati, pengertian artikel adalah karya tulis yang biasa dimuat dalam majalah atau surat kabar. Berbagai artikel di media cetak termasuk media online juga dapat disebut artikel jika merujuk pada pengertian KBBI.

3. Artikel dapat diartikan sebagai artikel lengkap dengan volume tertentu, yang ditulis untuk dipublikasikan di surat kabar, majalah, buletin, dan lain-lain. Karya tulis ini menyajikan fakta, informasi, ide dan pendapat mengenai suatu topik tertentu.

4. Ringkasnya, esai adalah karya tulis nonfiksi yang berfokus pada pembahasan suatu topik. Isinya bisa berupa opini, narasi umum, dan sebagainya. Yang disebut juga artikel ilmiah adalah karya tulis yang memuat temuan atau temuan dari penelitian, pengalaman, atau analisis ilmiah.

5. Tujuan penulisan esai adalah untuk menginformasikan, membujuk, mendidik dan menghibur pembaca. Umumnya orang yang menulis artikel memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang mereka tulis.

Definisi majalah

1. Dalam buku “Pengantar Metodologi Penelitian Sosial” karya Ahmad Tohardi, majalah adalah buletin khusus yang diterbitkan secara berkala dan memuat kumpulan artikel tentang suatu bidang ilmu tertentu.

2. Artikel yang dimuat pada jurnal merupakan hasil penelitian ilmiah.

3. Artikel ilmiah yang dimuat di jurnal biasanya mengenai satu bidang ilmu. Jadi, ada jurnal pendidikan, jurnal ekonomi, jurnal antropologi, dan jurnal kedokteran.

4. Jurnal dirancang untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Kumpulan artikel yang dimuat di dalamnya merupakan hasil penelitian, analisis, eksperimen dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti, ilmuwan atau akademisi.

Perbedaan artikel dan jurnal

Dari penjelasan sebelumnya dapat dipahami bahwa artikel berbeda dengan jurnal. Esai mengacu pada karya tertulis yang menyajikan fakta, data, ide, pendapat, atau hasil ilmiah tentang topik atau bidang ilmu tertentu.

Sedangkan jurnal adalah buletin berkala yang berisi kumpulan artikel ilmiah tentang suatu bidang ilmu.

Keduanya bertujuan untuk menginformasikan dan mendidik siswa. Namun jurnal lebih fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours