Misteri Kematian Afif Maulana Perlahan Mulai Terungkap, Ini Kata LBH Padang

Estimated read time 2 min read

PADANG – Kematian tragis Afif Maulana (13) yang jasadnya ditemukan di bawah Jembatan Kuranji Padang, Sumatera Barat, menghebohkan publik dan tersebar di media sosial dengan dugaan keterlibatan polisi dalam penyiksaan. Namun rahasia tersebut mulai terungkap setelah adanya pertemuan beberapa pihak terkait.

Kompolnas, Polda Sumbar, LBH Padang, Ombudsman, Komnas HAM dan KPAI menghadiri rapat tertutup di Mapolda Sumbar, sejumlah saksi, dua orang ahli, serta kuasa hukum yang memberikan keterangan dan bukti akurat.

Kepala LBH Padang sekaligus kuasa hukum Afif Maulana, Indira Suryani, teman Afif, menurut keterangan saksi kunci Aditya, mengatakan tidak ada yang melihat Afif langsung terjun dari jembatan.

“Saksi A tidak melihat langsung Afif melompat. Dia berada di sisi kiri jembatan, dan jasad Afif ditemukan di tengah jembatan,” jelas Indira, Kamis (27/6/2024).

Kesaksian dokter membenarkan dugaan Afif tidak melompat, melainkan terpeleset.

“Kami tanyakan kepada pemeriksa kenapa badannya kaku dan ada luka lebam di bagian kiri. Dokter menjelaskan, Afif diduga terpeleset. Kalau lompat, sakit kepala. Ada beberapa perubahan dalam keluhannya. Tergelincir dari melompat,” kata Indira.

Meski ada dugaan promosi, LBH Padang masih mencari pendapat lain untuk menilai sendiri situasi pada malam kejadian. “Kami ingin mengetahui secara terbuka dan independen apa yang sebenarnya terjadi malam itu demi keadilan bagi Afif Maulana,” imbuhnya.

Kompolnas dan Kementerian PPA pun melakukan pemeriksaan dan olah TKP di Jembatan Kuranji sekitar pukul 03.00 dini hari. Kedatangan tim bertujuan untuk mengetahui keadaan sebenarnya pada saat kejadian.

Ketua Surat kabar Kompolnas Benny Joshua Mamoto menjelaskan, penyebab meninggalnya Afif Maulana sudah dijelaskan secara gamblang. “Saat ini informasi masih simpang siur mengenai pengertian lebam dan lebam, sehingga para ahli sebelumnya menjelaskan pengertian lebam dan menjawab semua pertanyaan LBH Padang,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours