Biaya hidup di Bandung lebih murah dari Jakarta? Ini penjelasannya

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Dijuluki “Paris-nya Jawa”, Bandung menjadi destinasi wisata populer di Indonesia. Terkenal dengan pesona pemandangan alamnya yang indah, Bandung juga menjadi destinasi bagi mereka yang mencari kehidupan nyaman dengan biaya lebih murah dibandingkan Jakarta.

Jika dibandingkan Bandung dengan Jakarta, biaya hidup di Bandung relatif lebih rendah.

Ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan agar tetap sehat secara finansial dalam hal biaya hidup. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi biaya hidup di Bandung adalah perumahan.

Apartemen dengan satu dan dua kamar tidur bisa disewa dengan harga antara Rp3 juta hingga Rp6 juta per bulan. Sedangkan untuk ruang tunggu keberangkatan, biaya persiapannya berkisar Rp 600 hingga 1,5 juta, tergantung fasilitas yang diberikan.

Makanan dan kebutuhan lainnya juga cukup murah di Bandung. Untuk lauk nasi dan daging, makan di warung makan sederhana harganya antara Rp 15.000 hingga 20.000 per orang.

Supermarket dan pasar tradisional menawarkan bahan makanan dengan harga diskon bagi mereka yang lebih suka memasak di rumah. Tentu saja lebih murah.

Biaya hidup seperti transportasi juga menjadi kebutuhan penting. Ada banyak cara untuk berkeliling Bandung, antara lain bus, angkutan umum, dan layanan transportasi online.

Biaya angkutan umum relatif rendah: biaya bus kota antara Rp 2.000 dan Rp 10.000, dan tarif angkutan umum sekitar Rp 5.000 sekali jalan.

Biaya pengiriman online bervariasi tergantung jarak yang ditempuh, namun secara umum masih lebih murah dibandingkan di Jakarta.

Selain itu, biaya hiburan dan rekreasi di Bandung relatif murah.

Penduduk lokal maupun pengunjung dari luar Bandung bisa bersenang-senang di Bandung tanpa mengeluarkan banyak uang karena banyaknya tempat wisata alam, taman hiburan, kafe, dan pilihan tempat makan unik di kota ini.

Rata-rata mereka menawarkan harga antara Rp30.000 hingga Rp150.000 untuk tempat wisata terkenal seperti Kawah Putih.

Rata-rata banyak orang yang menganggap biaya hidup di Bandung cukup masuk akal bahkan murah.

Jika Anda hemat dengan kebutuhan dan keuangan Anda, tinggal di Bandung dapat menawarkan biaya hidup yang sangat terjangkau tanpa mengeluarkan banyak uang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours