KBRI Suva gelar jalan santai peringati 50 tahun hubungan RI-Fiji

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Suva, Fiji (KBRI) menggelar jalan santai pada Sabtu dalam rangkaian perayaan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Fiji.

Duta Besar RI untuk Fiji, Dupito de Siamura, mengatakan agenda yang terselenggara atas kerja sama Fiji-Indonesia Friendship Association (FIFA) ini merupakan simbol perjalanan panjang hubungan bilateral yang memberikan manfaat bagi kedua negara.

Tujuan dari jalan santai ini adalah untuk mengajak masyarakat bersama-sama merayakan perjalanan besar ini dan sebagai komitmen untuk terus melanjutkan persahabatan dan kerja sama di masa depan, kata Dupatu, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Selain Dupatta, acara dibuka oleh Plt Presiden Fiji, Selassi Timo, dan Presiden FIFA sekaligus mantan Duta Besar Fiji untuk Indonesia, Tui Cavuilati.

Peserta mulai berjalan santai pada pukul 7 pagi waktu setempat dari Albert Park Lower Hall di Suva, kemudian menyusuri Queen Elizabeth Drive menuju Suzuki Park, sebelum kembali ke garis finis di Albert Park, dimana peserta disuguhi sarapan pagi.

Acara ini dihadiri lebih dari 300 orang termasuk anggota korps diplomatik, pejabat pemerintah Fiji, Beasiswa Indonesia untuk pelajar Fiji, pelajar lokal dan masyarakat sipil Indonesia di Fiji.

Sebagai bukti eratnya hubungan bilateral dan kerja sama jangka panjang antara Indonesia dan Fiji, Dupato juga menyoroti kehadiran siswa Queen Victoria School yang mendapat bantuan rehabilitasi dari pemerintah Indonesia pasca kehancuran akibat Topan Winston pada tahun 2016.

Selain wisata hiburan, KBRI Suva juga menyelenggarakan beberapa program lain dalam rangka memperingati setengah abad hubungan Indonesia dan Fiji.

Agendanya antara lain hibah perbekalan kesehatan untuk memberdayakan masyarakat pedesaan Fiji, seminar kerjasama Indonesia-Fiji dengan National University of Fiji, dan peluncuran Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours