PSSI pastikan sidang banding Maarten Paes tak terkendala biaya

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan proses banding pemain sepak bola Amerika Martin Paes untuk membela timnas Indonesia tidak akan terhambat karena terkendala biaya pembiayaan proses.

Langkah-langkah yang diambil PSSI dan cara penghitungan biayanya (sidang banding) sudah dipertimbangkan sejak awal, kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dalam rekaman yang diperoleh di Jakarta, Rabu.

Hal itu diungkapkannya saat menjawab pertanyaan awak media soal biaya sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang membolehkan pesepakbola Martin Pace bermain untuk timnas Indonesia.

Pace yang saat ini berposisi sebagai penjaga gawang FC Dallas ini merupakan keturunan Indonesia, dari neneknya yang berasal dari Kota Pare, Kadiri, Jawa Timur.

Penjaga gawang berusia 26 tahun itu sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, namun gagal membela timnas Indonesia. Aturan FIFA menyulitkan Pace karena ia pernah memperkuat tim Belanda U-21 di usia 22 tahun.

PSSI juga telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) agar Paes bisa membela tim Garuda untuk beberapa pertandingan penting ke depan, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Menanggapi rumor biaya banding yang beredar mencapai puluhan miliar, Arya mengatakan PSSI sudah menyiapkan biayanya.

“Kalau biayanya kita hitung, kita sudah tahu dari awal bahwa (Martin Pace) tidak bisa menjadi WNI,” ujarnya.

Cobalah untuk menerapkan logika sederhana. Kalau masalah biaya, kita pasti bukan warga negara Indonesia. Arya menambahkan: Kami tidak menghitung biaya karena tidak masalah.

Ia meminta masyarakat tidak berspekulasi mengenai uji coba tersebut, melainkan menunggu uji coba dipimpin oleh tim PSSI yang beranggotakan orang-orang yang ahli di bidangnya.

Tunggu dulu, serahkan pada ahlinya tim Pak Eric (Presiden PSSI Eric Tohir). Saya tidak bilang sukses, kita belum tahu, tapi itu membuktikan tim ini punya skill.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours