5 Ular Terkecil di Dunia, Ada yang Seukuran Cacing

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Lima ular terkecil di dunia yang dibahas dalam artikel ini bisa mengubah arti ular seseorang. Awalnya dikenal sebagai hewan mematikan dengan racun dan kumparannya, ular kini menjadi sosok yang sangat tidak berbahaya.

Menurut National Geographic, ada lebih dari 3.000 spesies ular di dunia, dan mereka ditemukan di Antartika, Islandia, Irlandia. Mereka ditemukan di mana-mana kecuali Greenland dan Selandia Baru.

Jenis ular yang umum bisa berbisa atau berukuran besar. Namun jika ada jenis ular yang berukuran sangat kecil, bentuknya seperti cacing. Hal ini tentu jarang diketahui orang.

5 ular terkecil di dunia 1. Ular berkepala datar

Ular terkecil pertama di dunia hanya berukuran 7-8 inci (17-20 cm) untuk dewasa dan 3 inci (7 cm) untuk remaja. Ular berkepala datar memiliki sisik halus berwarna coklat kemerahan. Warnanya abu-abu kemerahan atau coklat kemerahan.

Seperti dilansir Pet Mojo, ular ini hidup di perbukitan berbatu atau hutan lebat, dan banyak ditemukan di tanah berpasir. Makanan ular ini adalah artropoda seperti kelabang dan laba-laba.

2. Ular yang memakan berbagai jenis siput

Berasal dari Ekuador, ular kecil ini memiliki kepala tumpul dan tanda hitam dengan latar belakang abu-abu. Panjangnya bisa mencapai 3,4-3,5 inci (8,6-8,8 cm) saat dewasa.

Ular ini merupakan makhluk yang bergerak pada malam hari. Seperti namanya, makanan utama mereka adalah siput dan siput. Mereka menganggap ular ini sama sekali tidak berbahaya dan jinak.

3. Ular buta Texas

Sesuai dengan namanya, ular kecil ini biasa ditemukan di Texas, Amerika Serikat. Ular ini memiliki panjang 5-8 inci (12-20 cm), berwarna coklat kemerahan, tumbuh dengan ciri fisik berwarna merah muda atau coklat keperakan dan terlihat sangat mirip dengan cacing.

Mereka biasanya muncul setelah hujan musim semi, sehingga lebih sering disalahartikan sebagai kumbang. Rahang atas mereka ompong. Mereka memakan serangga, terutama rayap, dan bersembunyi di dalam tanah pada malam hari.

4. Ular buta Brahman

Berasal dari Asia dan Afrika, ular ini panjangnya hanya sekitar 2-6 inci (5-15 cm). Mereka memiliki sisik yang sama, sehingga sulit untuk membedakan ekor dan kepala, tetapi jika Anda menggunakan kaca pembesar, Anda dapat melihat dua mata yang tidak berguna di kepala dan ujung kecil di ekor.

Ular ini memakan semut dan rayap serta telurnya. Ia memakan larva dan kepompong. Yang unik dari ular ini adalah faktor genetiknya. Artinya perempuan bisa mempunyai anak tanpa campur tangan laki-laki.

5. Ular Benang Barbados

Gelar ular terkecil di dunia dipegang oleh ular kapas Barbados yang panjangnya hanya 8 cm untuk ular dewasa. Ular ini hidup di hutan timur pulau Barbados di Karibia.

Ular ini pertama kali ditemukan pada tahun 2008 oleh ahli zoologi S. Blair Hedges. Fakta menarik tentang ular ini adalah betinanya hanya bertelur satu kali, dan ketika menetas, ukurannya sudah setengah dari induknya.

Mereka adalah lima ular terkecil di dunia dan ukurannya hampir sama dengan cacing tanah. Mereka tidak berbahaya bagi manusia dan hanya memakan hewan kecil.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours