STAB Nalada beralih status jadi institut usai pecahkan rekor MURI

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Sekolah Tinggi Agama Budha Nalanda (STAB) berubah status menjadi Institut Nalada setelah memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Perguruan Tinggi Budha pertama di Indonesia.

Presiden Romo Foundation Tan Tjoe Liang dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, mengatakan, “Transformasi ini tidak hanya untuk kepentingan Nalanda, tetapi lebih dari itu untuk pengembangan pendidikan Budha di Indonesia.”

Tan menginformasikan, perubahan status tersebut resmi diumumkan melalui Keputusan Menteri Agama No. 452 Tahun 2024 tentang izin perubahan bentuk Perguruan Tinggi Buddha Nalanda menjadi Institut Nalanda.

Menurutnya, peningkatan status ini harus dimaknai sebagai masa untuk menghadapi tantangan baru dengan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan dalam skala global.

“Tentu keberhasilan pengakuan rekor MURI ini merupakan suatu hal yang patut dibanggakan, namun yang lebih penting adalah landasan bagi peningkatan pendidikan agama Budha di Indonesia,” ujarnya.

Rektor Institut Nalanda Dr. Sutrisno, S.IP., M.Si mengatakan, proses perubahan status dari STAB menjadi institut sebenarnya direncanakan mulai tahun 2019. Namun saat itu ada tiga hal yang dibicarakan untuk menaikkan taraf sekolah menengah.

Ketiga hal tersebut adalah penerimaan program studi yang meningkat tingkatnya, tingkat institusi yang meningkat, dan jumlah mahasiswa yang meningkat tingkatnya. Pasca perubahan status tersebut, ia berharap sekolahnya dapat meningkatkan peran universitas Budha di Indonesia dan memperluas jangkauannya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di Indonesia.

“Dengan demikian, saya berharap keberadaan Nalanda Institute dapat memberikan dampak sosial ekonomi masyarakat yang lebih signifikan dan berkontribusi terhadap terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” kata Sutrisno.

Terkait hal tersebut, Direktur Urusan Agama Buddha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma, S.Pd., M.Pd., M.Pd.B berharap keberadaan Nalanda Institute dapat memenuhi tujuan peningkatan kemampuan intelektual. . , membangun etos moral, menghubungkan individu dengan keunggulan dan membantu mewujudkan masyarakat yang toleran dan harmonis serta tetap berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah melalui tridharma pendidikan tinggi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours