Sejarah singkat Federasi Futsal Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Federasi Futsal Indonesia (FFI) merupakan organisasi olahraga yang membawahi berbagai event futsal di Indonesia dan berada di bawah pengawasan PSSI karena futsal memiliki kemiripan dengan sepak bola.

Awalnya organisasi futsal bernama Agencia Nacional de Fútbol Futsal (BFN) yang didirikan pada tahun 2000. Namun karena permasalahan internal dan eksternal, BFN akhirnya kehilangan dukungan dari organisasi induknya.

Pada tahun 2014, PSSI membubarkan BFN dan membentuk Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) dan Asosiasi Futsal Indonesia (AFI). Akhirnya ditunjuklah organisasi baru yang mengemban tugas pengembangan futsal melalui kemitraan dengan berbagai pihak.

Setahun setelah berdirinya, AFI berganti nama menjadi Federasi Futsal Indonesia (FFI). Organisasi tersebut “kembali” ke tanah air di bawah yurisdiksi PSSI.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) saat ini dipimpin oleh Hari Tanosoedibjo sebagai Ketua Umum.

Selanjutnya, FFI berada di bawah kendali FIFA (Association Internationale de Football Association), karena memenuhi persyaratan bahwa setiap negara harus memiliki organisasi futsal yang berafiliasi dengan organisasi sepak bola nasional.

FFI juga mengemban sejumlah tugas untuk pengembangan futsal di Indonesia. Berikut rangkumannya dari berbagai sumber:

• Mendirikan Liga Futsal Profesional Indonesia (LFPI) dan menduduki liga futsal terpenting di Indonesia.

• Meningkatkan kualitas pemain, pelatih, wasit dan administrator futsal di Indonesia melalui berbagai program pelatihan.

• Membangun dan mengembangkan infrastruktur futsal di Indonesia mulai dari lapangan, stadion, akademi dan pusat pelatihan futsal.

• Promosi dan pembentukan tim futsal nasional putra dan putri usia remaja atau pelajar Indonesia.

• Partisipasi dalam kejuaraan regional dan internasional seperti Piala Futsal AFF, Piala Dunia Futsal, Piala Futsal Asia dan acara lainnya.

• Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, antara lain pemerintah, jejaring sosial, sponsor, organisasi internasional, klub, federasi dan asosiasi.

Kaos Tim Garuda Futsal Cup Footprints 2003 Juara 3 2006 Group Stage Fase 2017 Group 2018 Juara 3 2019 Runner Up 2020 – (COVID-19) 2022 Runner Up

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours