Kemenpora dukung anggaran Rp516 miliar untuk sukseskan PON Aceh-Sumut

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyokong anggaran sebesar Rp516 miliar untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

Anggaran ini dilaksanakan bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat (KONI) dan dua panitia utama PON Aceh-Sumut 2024, masing-masing di wilayah Aceh dan Sumut.

“Sekarang sudah undang-undang, semua perjanjian kerja sama sudah ditandatangani, semua dukungan pemerintah sudah selesai,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dalam sambutannya usai menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama Kementerian Pemuda. Olah Raga KONI Pusat dan PB PON 2024 Kantor Pemuda dan Olah Raga Aceh-Sumut, Jakarta, Kamis.

Dito menjelaskan, dukungan anggaran pemerintah terhadap pesta olahraga nasional empat tahunan itu digunakan untuk beberapa kebutuhan pokok, seperti venue pertandingan, yakni sekitar Rp176 miliar.

Jumlah tersebut meliputi Rp72 miliar untuk bidang kompetisi wilayah Aceh, Rp74 miliar untuk kompetisi wilayah Sumut, serta kebutuhan panitia, pengelola, juri, dan kuasa hukum sebesar Rp30 miliar.

Kemudian anggaran yang diperlukan untuk upacara pembukaan di Aceh sebesar Rp60 miliar, upacara penutupan di Sumut sebesar Rp41 miliar.

Selain itu, kebutuhan anggaran untuk infrastruktur berdaya saing Aceh sebesar Rp138 miliar dan infrastruktur berdaya saing Sumut sebesar Rp101 miliar.

Dito berharap dengan tercapainya kesepakatan kerja sama penggunaan anggaran tersebut, semua pihak dapat bersinergi, saling mendukung dan bersinergi mewujudkan PON yang sukses di empat bidang, yakni meraih kesuksesan, sukses mensukseskan, manajemen efektif, dan perekonomian daerah. kesuksesan. .

“Ini kesempatan yang sangat penting, kita semua bersama-sama mendukung pengembangan prestasi olahraga tanah air,” ujarnya.

Ia pun berharap PON kali ini sukses dan menjadi sejarah karena digelar di dua provinsi untuk dijadikan pilot project pada PON berikutnya.

Perhelatan PON Aceh-Sumut 2024 berlangsung pada 8-20 September dan menampilkan 67 pertandingan, dengan 33 pertandingan diperebutkan di Aceh dan 34 di Sumut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours